Bupati Suwirta Resmikan Pasar Klungkung sebagai Pusat Endek di Bali

Selasa, 24 Desember 2019 - 07:55 WIB
Bupati Suwirta Resmikan Pasar Klungkung sebagai Pusat Endek di Bali
Bupati Suwirta Resmikan Pasar Klungkung sebagai Pusat Endek di Bali
A A A
BALI - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meresmikan Blok A Pasar Seni Semarapura sebagai pusat Endek di Bali.

Menurut Suwirta, Pasar Seni Blok A Semarapura ini merupakan sebuah mimpi dan cita-citanya selama menjabat menjadi kepala daerah. Dia mengaku, sebelumnya bersama organisasi perangkat daerah (OPD) sering melakukan studi banding ke Jawa Timur, Jawa Tengah maupun kabupaten/kota yang lain.

"Setelah melakukan studi banding, saya langsung mengajak jajaran OPD untuk bersama-sama membangun Pasar Seni ini dan akhirnya sekarang mimpi itu menjadi kenyataan," ujar Bupati Suwirta dalam keterangan kepada SINDOnews, Selasa (24/12/2019).

Suwirta menilai, Kabupaten Klungkung merupakan pusat produk endek yang sudah terkenal dari dulu, sehingga tempat ini akan terus ramai untuk promosi produk-produk lokal kain tenun khusus khas dari Klungkung. "Biasanya ibu-ibu pejabat dari Jakarta dan daerah lain, kalau ke Bali dan mau beli endek, pasti datang ke pasar seni Klungkung ini", tandas Suwirta.

Dia menambahkan, untuk membuat pengunjung nyaman saat berbelanja, pasar seni ini dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC) dan ekskalator.

Ketua Deskranasda Provinsi Bali Putri Suastini Koster mengucapkan selamat atas diresmikannya Pasar Seni Blok A Semarapura ini. Menurutnya Pasar Blok A ini bisa menjadi ikon pusat pasar Seni di Bali khususnya di Kabupaten Klungkung. "Semoga pasar seni ini menjadi iconnya Klungkung," ujarnya

Selain itu, Putri Suastini Koster mengatakan setelah dirinya keliling melihat satu per satu kios pedagang merasa sangat terkesan begitu bagusnya kain-kain tenun, rangrang dan endek yang ada di sini, produk-produk lokal ini harus dijaga dan dilestarikan agar bisa menarik pengunjung lokal maupun wisatawan luar negeri. "Melalui peresmian ini mari kita bersama-sama cintai dan tetap lestarikan produk kita sendiri," harapnya.

Dalam peresmian tersebut, sejumlah acara menarik ditampilkan di antaranya fashion show yang dibuka oleh Ketua Deskranasda Provinsi Bali Putri Suastini Koster. Hadir pula Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ayu Suwirta, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Sri Kasta, Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Anak Agung Gede Anom, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra dan jajaran OPD terkait lainnya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6242 seconds (0.1#10.140)