Kalbar Lepas 6 Komoditas untuk Diekspor

Senin, 23 Desember 2019 - 11:34 WIB
Kalbar Lepas 6 Komoditas untuk Diekspor
Kalbar Lepas 6 Komoditas untuk Diekspor
A A A
PONTIANAK - Sejumlah komoditas pertanian asal Provinsi Kalbar dilepas untuk diekspor diantaranya lada, palm kernell expeller, santan kelapa dan coco peat fiber dengan nilai sebesar Rp11 miliar.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Letsandri yang hadir dan turut melepas ekspor mengapresiasi pelaku usaha agribisnis di wilayahnya yang telah mampu mengantarkan produk pertanian unggulan Kalbar ke pasar ekspor.

Ia juga menginstruksikan jajaran instansi terkait untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Karantina Pertanian Pontianak sebagai unit vertikal Kementerian Pertanian untuk mendorong ekspor.

“Selain dapat menambah Pendapatan Anggaran Daerah (PAD), ekspor pertanian sekaligus dapat memperluas lapangan pekerjaan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Kalbar dengan banyak potensi sumber daya alam dan SDM yang unggul, dapat menjadi andalan sebagai lumbung pangan tidak hanya untuk dalam negeri tapi juga untuk dunia.

Dalam kesempatan ini hadir pula Kepala Karantina Pertanian Pontianak, Dwi Susilo. Ia menjelaskan bahwa melalui program agro gemilang pihaknya bersama dengan instansi terkait khususnya Dinas pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura dan juga eksportir berhasil melakukan peningkatan kualitas buah pisang sehingga dapat di ekspor secara langsung.

“Selaku otoritas karantina, kami menjadi penjamin kesehatan dan keamanan buah pisang yang diekspor yang ditandai dengan terbitnya Sertifikat Kesehatan Tumbuhan atau Phytosanitary Certificate, PC sesuai dengan persyaratan negara tujuan,” ujar Dwi Susilo.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2866 seconds (0.1#10.140)