Volume Penumpang Menuju Bali Meningkat, Pelabuhan Ketapang Operasikan 32 Ferry

Minggu, 22 Desember 2019 - 09:38 WIB
Volume Penumpang Menuju Bali Meningkat, Pelabuhan Ketapang Operasikan 32 Ferry
Volume Penumpang Menuju Bali Meningkat, Pelabuhan Ketapang Operasikan 32 Ferry
A A A
BANYUWANG - Volume penumpang kapal ferry dari Jawa menuju Bali pada musim libur Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (22/12/2019) pagi menunjukkan peningkatan. Penumpang kapal yang mendominasi dengan kendaraan roda dua dan roda empat atau pribadi

Pantauan di lapangan, arus kendaraan calon penumpang kapal terpantau terus mengalir lancar masuk Pelabuhan Ketapang. Antrean kendaraan terjadi mulai dari pintu masuk pelabuhan hingga menuju dermaga untuk masuk kedalam kapal ferry.

Data manifes pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang Gilimanuk mencatat jumlah penumpang kapal sebanyak 30.634 penumpang telah menyeberang ke Bali untuk melaksanakan libur Natal dan Tahun Baru. Jumlah ini menujukkan peningkatan sebanyak 122% bila dibanding angkutan libur Natal dan Tahun Baru pada tahun lalu.

Sedangkan peningkatan kendaran roda dua terdata sebanyak 1.751 unit dan kendaran roda empat sebanyak 2.814 telah terangkut menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali.

Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan di area parkir dan antrean mengular, pihak pelabuhan pengaktifkan tujuh dermaga dengan menyiapkan 65 kapal dan mengoperasikan sebanyak 32 kapal untuk melayani penyeberangan di lintas Selat Bali dengan sistem percepatan dalam bongkar muat kapal.

"Sedangkan untuk pelayanan tiket masuk, telah dioperasikan sebanyak delapan loket untuk kendaraan roda empat atau kendaraan pribadi dan empat loket untuk kendaraan roda dua," ujar Fahmi Alweni, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang Gilimanuk.

Diprediksi arus kendaraan dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur menuju Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali melalui Selat Bali akan terus terjadi peningkatan hingga 30 Desember mendatang untuk libur Natal dan Tahun Baru.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7206 seconds (0.1#10.140)