Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta Hadiri Munas PMI XXI

Selasa, 17 Desember 2019 - 16:34 WIB
Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta Hadiri Munas PMI XXI
Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta Hadiri Munas PMI XXI
A A A
JAKARTA - Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Klungkung mengikuti Musyawarah Nasional XXI PMI 2019 di Jakarta, Selasa (17/12/2019). Dalam kegiatan yang dibuka oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin tersebut, Wabup Made Kasta turut didampingi Sekretaris PMI Kabupaten Klungkung, Ngakan Made Mintu.

Dalam amanatnya, Wapres Ma'ruf Amin meminta agar jaringan kemitraan organisasi kemanusiaan ini terus dikembangkan untuk memperkuat pendanaan dan basis relawan PMI. "Meskipun PMI selama ini telah memiliki kemampuan menjalin kemitraan, akan tetapi, dengan perubahan dunia yang semakin cepat, inovasi dalam pembangunan kemitraan dan jejaring perlu terus dikembangkan. Hal ini tidak saja untuk memperkuat sumber pendanaan bagi PMI tetapi juga untuk memperkuat basis relawan PMI," ujar Wapres Ma'ruf.

Dia juga berpesan agar PMI terus melakukan inovasi dengan memanfaatkan teknologi mengikuti perkembangan zaman. Ma'ruf mencontohkan sistem crowd funding untuk pengumpulan dana.

Sementara itu Wabup Made Kasta dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapannya bahwa dengan pelaksanaan munas akan mampu memperkuat organisasi PMI dalam upayanya meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam hal mencegah serta mengurangi risiko bencana, serta membantu upaya perbaikan derajat kesehatan masyarakat dengan memberikan edukasi dan menyampaikan pesan mengenai hidup sehat.

"Semoga PMI selalu menjadi organisasi kemanusiaan kebanggaan masyarakat Indonesia dan Klungkung khususnya," ujar Wabup Kasta.

Dalam munas ke-21 ini pula, kembali menetapkan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sebagai Ketua Umum PMI periode 2019-2024. JK terpilih kembali secara aklamasi sehingga, mempunyai hak prerogatif untuk menentukan susunan kepengurusan PMI periode 2019-2024.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9054 seconds (0.1#10.140)