Bupati Suwirta Hadiri Malam Hiburan Hari Pahlawan

Jum'at, 15 November 2019 - 21:35 WIB
Bupati Suwirta Hadiri Malam Hiburan Hari Pahlawan
Bupati Suwirta Hadiri Malam Hiburan Hari Pahlawan
A A A
SEMARAPURA - Serangkaian dengan penyerahan Kirab Panji-Panji Sakti Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai, Pemerintah Kabupaten Klungkung menggelar malam hiburan dengan penampilan pragmentari dari siswa-siswi SMA Negeri 2 Semarapura, yang berjudul "Puputan Margarana". Ini mengisahkan terjadinya perang Puputan Margarana yang berlangsung di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Kamis (14/11/2019) malam.

Penampilan ini mendapat support khusus dengan hadirnya Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Ayu Suwirta, Ketua DPRD Klungkung, A.A Gde Anom, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Luh Ketut Ari Citrawati, OPD terkait dan undangan lainnya

Pertempuran Puputan Margarana merupakan salah satu pertempuran antara Indonesia dan Belanda dalam masa Perang kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada 20 November 1946. Pertempuran ini dipimpin oleh Kepala Divisi Sunda Kecil Kolonel I Gusti Ngurah Rai.

Dimana Pasukan TKR di wilayah ini bertempur dengan habis habisan untuk mengusir Pasukan Belanda yang kembali datang setelah kekalahan Jepang, untuk menguasai kembali wilayahnya yang direbut Jepang pada Perang Dunia II, mengakibatkan kematian seluruh pasukan I Gusti Ngurah Rai yang kemudian dikenang sebagai salah-satu Puputan di era awal kemerdekaan serta mengakibatkan Belanda sukses mendirikan Negara Indonesia Timur.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam kesempatan itu mengatakan Panji-Panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai pahlawan ini agar dapat dijadikan momentum bagi generasi penerus untuk dapat bercermin tentang nilai-nilai pengorbanan dan keteladanan, perjuangan yang dilakukan tanpa pamrih.

"Dengan semangat pahlawan I Gusti Ngurah Rai, kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini” ujar Bupati Suwirta.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung Ida Bagus Anom Adnyana, menyampaikan Kirab Panji-Panji Sakti Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai rutin digelar setiap tahunnya.

"Selanjutnya Panji-panji Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai akan diserahkan secara resmi dari Pemerintah Kabupaten Klungkung ke Pemerintah Kabupaten Bangli jumat 15 November 2019 dengan pelaksanaan upacara serah terima yang dilaksanakan di Lapangan Kapten Mudita, Bangli," Ujar Ida Bagus Anom Adnyana selaku ketua tetap Hari Pahlawan.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6563 seconds (0.1#10.140)