PLN Apresiasi Bupati Klungkung

Rabu, 06 November 2019 - 16:06 WIB
PLN Apresiasi Bupati Klungkung
PLN Apresiasi Bupati Klungkung
A A A
SAMARAPURA - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menghadiri penyerahan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) dari PLN kepada KK Miskin di Balai Banjar Sengkiding Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, Selasa (5/11/2019). Kegiatan ini merupakan bagian dari program One Man One Hope dalam rangka penuntasan Levering dan Over Spanning atau penyambungan secara ilegal yang dapat membahayakan masyarakat.

Senior Manager Bidang Niaga, Handoko menyatakan One Man One Hope adalah program pengumpulan dana sukarela dari PLN yang digunakan dalam bidang kelistrikan untuk KK Miskin. Sampai 31 Oktober 2019, dana yang terkumpul sebanyak Rp418.269.850.Dana tersebut aka n digunakan untuk membantu penyambungan listrik dengan dua lampu dan satu stop kontak berdaya 450 VA untuk tiap KK Miskin di Provinsi Bali. Dengan estimasi biaya sambungan Rp632.500, PLN mampu membantu sekitar 663 KK yang tersebar di Provinsi Bali, dimana 54 KK di antaranya berada di Kabupaten Klungkung.
Handoko menjelaskan Levering merupakan praktik penyambungan listrik secara tidak resmi dari rumah terdekat dengan risiko kelebihan beban (over spanning) akibat penyambungan listrik dengan cara nyantel.

Masih menurut Handoko, data Bantuan Pasang Baru Listrik milik PT PLN Persero di Kabupaten Klungkung terdapat amprah pasang baru sendiri dengan paket murah dari PLN sebanyak 118 KK, bantuan One Man One Hope sebanyak 54 KK miskin dimana 20 KK diantaranya dibantu dengan menggunakan uang Operasional Bupati Klungkung yang ikut berpartisipasi dalam program One Man One Hope. Sementara 34 KK lainnya dibantu oleh Pihak PT PLN Persero, 722 KK miskin lainnya sudah memiliki listrik dari warisan/pemasangan sebelumnya.

General Manager PT PLN Persero Unit Induk Distribusi Bali Nyoman Suarjoni Astawa menyampaikan kegiatan ini merupakan antisipasi dari pihak PLN untuk menghindari masyarakat dari bahaya yang dikarenakan konsleting listrik akibat penyaluran jaringan listrik secara ilegal.

Menurut Suarjoni, masyarakat Klungkung sangat beruntung mempunyai kepala daerah yang bersedia membantu masyarakatnya dalam hal kelistrikan, dengan mendonasikan uang operasional. “Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Pak Bupati, mudah-mudahan apa yang dilakukan Bupati Klungkung ini dapat ditiru, pengusaha ataupun pemda lainnya di Bali,” ujarnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan bahwa bantuan ini adalah merupakan bagian dari tanggungjawabnya sebagai kepala daerah kepada masyarakat kurang mampu. Selain melalui program One Man One Hope, Bupati Suwirta dalam beberapa kesempatan bedah desa juga telah membantu pemasangan baru listrik bagi warga kurang mampu melalui dana operasionalnya. “Mudah-mudahan dengan program ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” ujar Suwirta.

Bupati Suwirta mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan Levering dan Over Spanning karena sangat membahayakan. Bupati juga berpesan kepada Perbekel dan Perangkat Desa agar mengawasi dan melaporkan jika menemukan warga yang melakukan tindakan tersebut karena sangat berbahaya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Suwirta bersama General Manager PT PLN Persero Unit Induk Distribusi Bali Nyoman Suarjoni Astawa menyerahkan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) secara Simbolis kepada I Putu Sueta (60) dan Nengah Simpen (47) serta melakukan penyalaan BPBL disalah satu rumah penerima bantuan.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5989 seconds (0.1#10.140)