Puting Beliung Terjang Sejumlah Desa di Majalengka

Senin, 21 Oktober 2019 - 21:02 WIB
Puting Beliung Terjang Sejumlah Desa di Majalengka
Puting Beliung Terjang Sejumlah Desa di Majalengka
A A A
MAJALENGKA - Angin puting beliung menerjang sejumlah desa di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Senin (21/10/2019). Akibatnya, belasan rumah warga dan sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan.

Manajer Pusdaop Penanggulangan Bencana (PB) BPBD Kabupaten Majalengka, Indrayanto mengatakan, bencana puting beliung terjadi di Blok Cibuluh, Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, pada Minggu 20 Oktober 2019 malam.

"Pukul 22.00 WIB angin bertiup cukup kencang, lalu pukul 23.00 WIB terjadi angin puting beliung. Informasi kejadian ini kami terima pada 21 Oktober 2019 pukul 08.12 WIB," katanya kepada SINDONews, Senin (21/10/2019).

Akibat bencana itu, kata Indrayanto, sebanyak 11 rumah warga mengalami rusak ringan. Kerusakan dengan level sama juga dialami Kantor Balai Dusun dan SDN Tejamulya 2 rusak ringan.

"Nilai kerusakan dan kerugian masih dalam penghitungan. Pendataan terhambat karena wilayah terdampak cukup luas. Penangana sendiri dilakulan oleh petugas BPBD Kabupaten Majalengka, TNI, Polri, serta masyarakat," tuturnya.

Bencana serupa juga terjadi di beberapa daerah lainnya. Dari laporan sementara petugas di lapangan, angin puting beliung terjadi di Desa Argapura, Argalingga, Argamukti, Cikaracak (Kecamatan Argapura), Payung (Kecamatan Rajagaluh), dan Desa Sindang (Kecamatan Sindang).

Berdasarkan perkiraan BMKG Stasiun Kertajati kecepatan angin puting beliung di Kecamatan Argapura mencapai 10 kilometer per jam. Perakiraan kecepatan angin di daerah itu mengalami kebaikan pada hari ini mencapai 30 kilometer per jam.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4918 seconds (0.1#10.140)