Bupati Kepulauan Sula Beri Pesan di Pameran Bursa Inovasi Desa (BID)

Senin, 14 Oktober 2019 - 12:44 WIB
Bupati Kepulauan Sula Beri Pesan di Pameran Bursa Inovasi Desa (BID)
Bupati Kepulauan Sula Beri Pesan di Pameran Bursa Inovasi Desa (BID)
A A A
SANANA - Asisten I Setda) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Umar Umabaihi membuka kegiatan Pameran Bursa Inovasi Desa (BID), di Kecamatan Sulabesi Selatan, Rabu (8/10/2019).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Staf ahli bupati Kahar Paningfat para pimpinan SKPD diantaranya Kadis PMD, KadisPora, Kabag Humas Protokol dan Kapolsek Sulabesi Selatan serta Camat Sulabesi Selatan.

Dalam sambutan Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes yang dibacakan oleh Asisten I Setda mengatakan, sebagaimana diketahui pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa menjadi pusat perhatian Pemerintah dalam hal ini pemerintah daerah dan Pemerintah Pusat. "Karena desa merupakan bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di kabupaten Kepulauan Sula, membangun Desa berarti membangun sebagian besar Masyarakat Kepulauan sula. Oleh karena itu Pembangunan desa harus dijadikan titik sentral pembangunan daerah dan tepat sasaran serta berkelanjutan agar Desa menjadi lebih maju dan mandiri,ā€¯Paparnya.

Lebih lanjut Bupati Sula menyatakan bahwa selain ada sejumlah hal yang harus diperhatikan dalam dalam kegiatan ini diantaranya:
Pertama, Pastikan kehadiran perwakilan seluruh desa untuk mengikuti bursa inovasi desa dengan lengkap, serta mempersiapkan medianya secara baik dan atau alat serta menu yang ingin ditampilkan.

Kedua, Atur tiap ruang bursa dan stan dengan baik sehingga memungkinkan peserta dapat berinteraksi dengan baik dan merasa nyaman.

Ketiga, Hindari hal-hal yang bersifat dominasi terhadap proses pertemuan dan dari oleh siapapun juga serta fasilitator jangan memaksakan diri untuk menjawab pertanyaan yang belum diketahui persis kepastiannya.

Keempat, Dokumentasi secara baik proses dan bursa inovasi.

Kelima, Pastikan setiap desa sudah memahami betul tentang konsep bursa inovasi desa serta tujuan bursa inovasi, serta memberikan komitmen untuk replikasi.

Pada kesempatan tersebut Asisten I bersama para pimpinan SKPD serta Muspika Kecamatan mengunjungi dan melihat secara langsung kerajinan yang dibuat oleh peserta pameran tersebut. Rombongan juga membeli sejumlah hasil produk inovasi.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9406 seconds (0.1#10.140)