Dua Pekan di Posko Pengungsian, 116 Pengungsi Wamena Tiba di Lanud Hasanuddin

Minggu, 13 Oktober 2019 - 18:40 WIB
Dua Pekan di Posko Pengungsian, 116 Pengungsi Wamena Tiba di Lanud Hasanuddin
Dua Pekan di Posko Pengungsian, 116 Pengungsi Wamena Tiba di Lanud Hasanuddin
A A A
MAROS - Setelah selama dua pekan berada di posko pengungsian Jayapura, Papua, sebanyak 166 pengungsi Wamena tiba di Lanud Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (13/10/2019) sore. Para pengungsi diterbangkan ke Maros menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

Mereka tetap memilih pulang ke kampung halamannya untuk menghilangkan rasa trauma, karena kerusuhan Wamena yang berujung pembakaran dan perusakan harta benda milik pendatang. Setelah tiba di Lanud Sultan Hasanuddin, para pengungsi ditampung sementara di tenda darurat. Mereka mendapatkan makanan dan buah-buahan untuk memulihkan stamina.

Hernawati, salah seorang pengungsi asal Luwu, Sulsel, yang telah 10 tahun merantau di Wamena mengatakan, pulang ke kampung halaman lebih aman daripada harus bertahan di Wamena. Dia berada di pengungsian bersama enam orang keluarganya. Namun, Hernawati mengaku akan kembali ke Wamena setelah tanggal 1 Desembar 2019 mendatang.

"Untuk sementara waktu saya dan keluarga butuh ketenangan dulu. Nanti setelah suasana hati tenang dan kondisi Wamena juga kondusif, baru kami sekeluarga balik lagi," ujar Hernawati.

Dari 116 pengungsi Wamena yang tiba di Lanud Sultan Hasanuddin, sebanyak 102 orang di tampung di Dinas Sosial Provinsi Sulsel. Namun, 40 orang di antaranya dipulangkan ke kampung halamannya di Palopo, Sulsel menggunakan bus Trans Sulawesi. Sedangkan pengungsi asal Jakarta diberangkatkan dari Lanud Sultan Hasnauddin menuju Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4269 seconds (0.1#10.140)