102 Pengungsi Kembali ke Wamena

Rabu, 09 Oktober 2019 - 10:40 WIB
102 Pengungsi Kembali ke Wamena
102 Pengungsi Kembali ke Wamena
A A A
JAYAPURA - Sebanyak 102 pengungsi yang berada di Sentani dan Jayapura hari ini memilih kembali ke Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Ratusan Pengungsi ini diberangkatkan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU sekitar pukul 10.15 WIT.

Para pengungsi kebanyakan warga Wamena dan memilih kembali setelah situasi kondusif dan adanya jaminan keamanan oleh Aparat keamanan. Selain itu, mereka masih memiliki harta benda yang tidak terdampak kerusuhan.

"Ya saya memilih kembali, karena semua di sana aman, rumah dan kendaraan aman. Dan lagi, anak saya sekolah, jadi saya harus kembali membawa mereka bersekolah lagi," ungkap Yotam Markus, seorang pengungsi di Baseops Lanud Silas Papare, Rabu (9/10/2019).

Menkopolhukkam RI, Wiranto mengaku, warga yang kembali ke Wamena karena masih ada tempat tinggal dan untuk mencari penghidupan. "Saya bertemu dengan beberapa pengungsi di Posko, saya simpulkan banyak pengungsi yang ingin kembali ke Wamena, untuk melanjutkan usaha di sana yang telah dirintis bertahun-tahun," katanya.

Menkopolhukkam dan rombongan tiba di Jayapura sejak kemarin sore. Rombongan pagi ini mengunjungi posko pengungsi di Gedung serbaguna Megantara Lanud Silas Papare, dan selanjutnya melakukan penerbangan ke Timika untuk melakukan rangkaian kegiatan di wilayah itu.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5102 seconds (0.1#10.140)