Bulog Pastikan Stok Beras Melimpah hingga 2020

Senin, 30 September 2019 - 12:22 WIB
Bulog Pastikan Stok Beras Melimpah hingga 2020
Bulog Pastikan Stok Beras Melimpah hingga 2020
A A A
BANDUNG - Kendati Jawa Barat dilanda kekeringan, Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Jawa Barat memastikan stok beras di Jawa Barat aman hingga awal tahun 2020.

Kepala Bulog Divre Jabar Benhur Ngkaimi mengatakan, stok beras di gudang Bulog Jabar melimpah mencapai 360.000 ton. Kebutuhan Jabar untuk ketahanan pangan sampai akhir tahun, selama tiga bulan, diprediksi sekitar 125.000 ton.

Benhur meyakinkan, Bulog pun akan menjaga stabilitas harga beras di pasaran. Oleh karena itu, dia mengimbau agar masyarakat tidak panik dan cukup berbelanja beras sesuai kebutuhan. "Stok beras Bulog luar biasa banyak. Kami akan memasok berapapun kebutuhan pasar," ujar Benhur, Senin (30/9/2019).

Menurut dia, jalaupun di lapangan terjadi indikasi potensi kenaikan harga, Bulog akan menggelontorkan stok yang tersimpan di gudang agar harga kembali normal. Saat ini pun Bulog terus melakukan operasi pasar melalui distributor dan jaringan outlet Bulog di seluruh wilayah. "Saat ini jumlah outlet Bulog, baik Toko Pangan di pasar dan Rumah Pangan Bulog di semua wilayah berjumlah 15.400 unit," katanya.

Jika dalam perjalanan menuju panen raya terjadi kenaikan harga beras, Bulog akan 'menyerang' titik-titik yang mengalami kenaikan harga. Dia menjamin, jika swasta dan pedagang mengetahui bahwa stok beras Bulog melimpah, mereka tidak akan berani berspekulasi menaikkan harga jual beras.

"Masih ada sekitar 230.000-an lagi. Kalau Januari sampai Februari belum ada panen, stok yang ada masih sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan beras di Jabar," paparnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5465 seconds (0.1#10.140)