Dorong Kewirausahaan, 50 Pemuda Sumbar Ikuti Pelatihan Kriya

Jum'at, 30 Agustus 2019 - 19:50 WIB
Dorong Kewirausahaan, 50 Pemuda Sumbar Ikuti Pelatihan Kriya
Dorong Kewirausahaan, 50 Pemuda Sumbar Ikuti Pelatihan Kriya
A A A
BUKITTINGGI - Sebanyak 50 pemuda di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat mendapat pelatihan kewirausahaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga di Aula Stikes Prima Nusantara, Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Dalam program ini generasi milenial ditantang menghasilkan karya nyata yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

“Pemuda harus komunikatif. Semua yang ada di sekitar adalah market untuk memasarkan produk,” ujar Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Faisal Abdullah saat memberikan motivasi kepada 50 pemuda Kota Bukittinggi.

Faisal menyebut, pelatihan sejenis telah digelar di berbagai kota di Indonesia. Pelatihan menyasar berbagai bidang musik, fashion, film, kerajinan tangan serta bidang lainnya, termasuk teknologi digital.

“Tidak membedakan status, (kota besar atau kecil) sepanjang belum pernah dapat program ini, maka akan difasilitasi. Sesuai bidang pelatihan yang diinginkan, akan diberikan corong untuk bisa segera menjadi startup. Yang jelas, tiap tahun ada, agar ada pemerataan. Tidak hanya pusat provinsi tapi di sekitarnya juga,” kata Faisal dalam pernyataan tertulis yang diterima SINDOnews, Jumat (30/8/2019).

Perkembangan teknologi, kata Faisal, harus disikapi menjadi tantangan. Untuk itu, dia mengharapkan peserta yang sudah dilatih punya keinginan untuk menghasilkan suatu karya.

“Tidak harus bernilai ekonomi tapi bisa jadi bernilai budaya baru. Pelatihan ini bekerja sama dengan Disparpora setempat, agar pemerintah daerah bisa memberikan pembinaan yang lebih baik,” katanya.

Sekretaris Disparpora Bukittinggi, Antoni Samawil menegaskan pihaknya berjanji event ini tidak berakhir begitu saja.

“Akan dilanjutkan ke depan, akan di-follow-up. Semoga semangat kewirausahaan di generasi muda terus menyebar. Tidak ada yang iseng-iseng, ini harus menjadi awal yang kecil namun indah,” ujarnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8679 seconds (0.1#10.140)