Bupati Tabanan Sambut Baik Kunjungan Mendes PDTT

Jum'at, 23 Agustus 2019 - 00:06 WIB
Bupati Tabanan Sambut Baik Kunjungan Mendes PDTT
Bupati Tabanan Sambut Baik Kunjungan Mendes PDTT
A A A
TABANAN - Kunjungan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ( Mendes PDTT ), Eko Putro Sandjojo, di Banjar Dinas Singin, Selemadeg, Bali, disambut hangat Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, Kamis, (22/8/2019) siang.

Kunjungan Mendes PDTT ini dalam rangka Pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) Shiny, di 5 Kecamatan di Kabupaten Tabanan . Kunjungan ini sekaligus penyerahan 9 item bantuan di Kecamatan Selemadeg, Selemadeg Barat dan Pupuan.

Menteri Eko beserta rombongan disambut Bupati Eka didampingi Forkompinda Tabanan, salah satunya Dandim 1619 Tabanan, Toni Sri Hartanto, Anggota DPRD Kabupaten Tabanan, I Made Dirga, beserta OPD di lingkungan Pemkab Tabanan.

"Kami bersyukur mempunyai alam yang kaya," ucap Bupati Eka dalam keterangan persnya.

Bupati Eka meyakini, dengan mengembangkan pembangunan dari pinggiran dan perdesaan, maka akan mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan, mempercepat dan meningkatkan kualitas pembangunan serta pemberdayaan untuk peningkatan kapasitas masyarakat.

"Kami punya petani, nelayan juga ada peternak, maka dari itu kami bentuk BUMDes di Kabupaten Tabanan. Dengan tujuan bisa menampung, dan memasarkan prroduk-produk lokal yang merupakan produksi dari masyarakat Tabanan," ungkapnya.

Bupati Eka menjelaskan, dari 133 Desa di Kabupaten Tabanan, telah ada 93 BUMDes yang telah melakukakan produksi. Bumdes itu mengolah hasil dari petani. Salah satu contoh beras merah, sekarang ada beberapa varian beras merah. Ada teh, ada untuk spa. Dan kalau diolah harganya bisa jauh lebih mahal dari beras merah biasa. Begitupun dengan olahan-olahan lainnya.

"Kalau desa sudah makmur, tentunya kecamatan dan kabupaten kecipratan majunya," kata Bupati Eka.

Mendengar penjelasan Bupati Eka, Menteri Eko memuji dan mengapresiasi Bupati Eka. "Mungkin itu yang membuat Tabanan maju dengan cepat. Saya haturkan puji dan syukur, saya bisa berkenalan dengan Bupati dan seluruh jajaran Pemkab Tabanan," pungkasnya.

Mendes PDTT menyampaikan terima kasih karena selama 5 tahun ini telah membantu dan mendukung program dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. "Saya yakin Tabanan dengan alamnya yang sangat bagus di bawah kepemimpinan Bupati Eka akan mampu mengembangkan pertanian dan desa wisata," jelas Menteri Eko.

Menteri Eko berpesan dalam membangun kawasan pertanian berbasis pariwisata harus memiliki sebuah inovasi dan terobosan-terobosan baru. Seperti yang dilakukan oleh desa-desa yang telah sukses memadukan sektor pertanian dengan pariwisata.

"Saya yakin Tabanan bisa lebih maju, sehingga ada desa maju baru di Tabanan. Pariwisata memang paling cepet mendapatkan pendapatan bagi desa," ungkapnya.

Usai memberi sambutan, Menteri Eko dan Bupati Eka menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan Petani di Kecamatan Selemadeg, Selemadeg Barat dan Pupuan. Saat itu, Kecamatan Selemadeg kebagian bantuan berupa sarana prasarana pasca panen pertanian, bantuan pengembangan inkubator produk unggullann kawasan perdesaan, dan bantuan gudang pascapanen dan peralatan.Kecamatan Selemadeg Barat menerima bantuan jalan, embung dan pasar kawasan perdesaan. Dan Kecamatan Pupuan mendapat bantuan pembangunan sarana dan prasarana air bersih, bantuan usaha ekonomi produktif, dan bantuan pengembangan produk unggulan.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1572 seconds (0.1#10.140)