Nelayan dan Petambak Indramayu Dukung Rokhmin Masuk Kabinet Jokowi

Senin, 05 Agustus 2019 - 18:59 WIB
Nelayan dan Petambak Indramayu Dukung Rokhmin Masuk Kabinet Jokowi
Nelayan dan Petambak Indramayu Dukung Rokhmin Masuk Kabinet Jokowi
A A A
INDRAMAYU - Ketua Bidang Kemaritiman DPP PDI Perjuangan Prof Rokhmin Dahuri diyakini oleh nelayan dan petambak sebagai sosok yang akan berkerja mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Untuk itu, ratusan keluarga nelayan dan petambak Indramayu mendeklarasikan dukungan kepada Rokhmin agar diangkat sebagai menteri pada kabinet Presiden Joko Widodo - Ma'ruf Amin. Deklarasi dibacakan di sebuah perkampungan nelayan, Desa Pabean Ilir, Kecamatan Pasekan, Indramayu, pada Senin (5/8/2019) siang.

Para nelayan dan petambak yang menyebut diri sebagai Perhimpunan Nelayan dan Petambak se-Indramayu itu menyebutkan bahwa Indonesia adalah negara maritim dan negara kepulauan yang memiliki lautan luas dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia.

Poros maritim merupakan sebuah gagasan strategis yang diusung oleh pemerintah Presiden Joko Widodo. Poros maritim dunia di tangan Presiden Jokowi diwujudkan dengan penegakkan kedaulatan wilayah laut NKRI, revitalisasi sektor-sektor ekonomi kelautan, penguatan dan pengembangan konektivitas maritim, rehabilitasi kerusakan lingkungan dan konservasi biodiversitas, serta peningkatan kualitas dan kuantitas SDM kelautan.

Sayangnya, hingga menjelang akhir masa pemerintahan Presiden Jokowi pada periode pertama ini, harapan terwujudnya Indonesia menjadi poros maritim dunia masih belum dapat diwujudkan secara utuh, hal ini dikarenakan sektor perikanan, kelautan dan kemaritiman diurus oleh orang-orang yang kurang ahli dalam bidang tersebut.

Oleh karenanya, pada periode ke dua pemerintahan Presiden Jokowi, sektor maritim harus diurus oleh orang-orang yang profesional, memiliki basis keilmuan dalam bidang kelautan dan memiliki integritas agar Indonesia sebagai poros maritim dunia segera terwujud.

Menurutnya, berdasarkan hal-hal tersebut, para nelayan dan petambak Kabupaten Indramayu mendeklarasikan dukungan kepada Rokhmin Dahuri agar diangkat sebagai salah seorang menteri dalam kabinet pemerintahan Presiden Jokowi dan KH Ma’ruf Amin yang mengurusi sektor kelautan, perikanan dan kemaritiman.

"Kami mengalami masa-masa yang baik sebagai nelayan dan petambak, saat Pak Rokhmin menjadi menteri di Era Presiden Megawati. Saat itu kami punya harapan menjadi warga yang sejahtera dan maju. Kami yakin jika Pak Rokhmin kembali menjadi anggota kabinet harapan itu kembali terbit dan membesar. Karena Pak Rokhmin itu ahli kelautan dan sumber daya pesisir dan sudah teruji bekerja untuk kemajuan nelayan dan petambak," kata Yani, ketua deklarasi, di Indramayu, Senin (5/8/2019).

Di tempat berbeda, guru besar ilmu kelautan dan sumber daya pesisir, Rokhmin Dahuri, menyampaikan pidato kunci (keynote speech) untuk seminar nasional “Mewujudkan Pengembangan Perikanan dengan Meningkatkan Potensi SDM dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0”.

Seminar yang diselenggarakan di Audotorium Universitas Panca Sakti, Kota Tegal, Jawa Tengah, itu penuh sesak. Dihadiri oleh akademisi dari kampus lain, perwakilan nelayan, mahasiswa perikanan dan kelautan se-Jateng, juga oleh instansi terkait, perbankan, dan pengusaha.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4620 seconds (0.1#10.140)