721 Warga di Riau Terpapar ISPA Akibat Kabut Asap

Kamis, 01 Agustus 2019 - 19:36 WIB
721 Warga di Riau Terpapar ISPA Akibat Kabut Asap
721 Warga di Riau Terpapar ISPA Akibat Kabut Asap
A A A
PEKANBARU - Kebakaran lahan yang menimbulkan kabut asap sudah berimbas kepada kesehatan masyarakat. Ratusan warga Kabupaten Pelalawan terpapar penyakit ISPA (Inpeksi Saluran Pernapasan Akut) akibat bencana kabut asap yang meluas tersebut.

"Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan mencatat akibat kabut asap, sudah banyak warga yang memeriksakan kesehatan. Dimana sampai hari ini tercatat sudah 721 warga kita terpapar ISPA," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan, Asril, Kamis (1/8/2019).

Kabupaten Pelalawan, kata dia, merupakan salah satu daerah terparah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau dalam beberapa hari ini.

Informasi yang dihimpun ratusan warga terdeteksi setelah melakukan pemeriksaan di sejumlah pukesmas seperti di Kecamatan Bunut, Ukui, Pangkalan Kerinci dan Pangkalan Kuras. "Data 721 warga terpapar ISPA merupakan data dalam dua pekan ini,"tegasnya.

Sementara itu kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Pelalawan hingga kini belum berhasil dipadamkan. Kebakaran paling parah terjadi di Kecamatan Langgam. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir hari ini terpantau 51 hot spot (titik panas) di Pelalawan. Dampaknya, Pelalawan dikepung asap dan jarak pandang hanya 800 meter.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5460 seconds (0.1#10.140)