Wali Kota Fasha Jamu Khusus Atlet Dayung

Senin, 29 Juli 2019 - 10:48 WIB
Wali Kota Fasha Jamu Khusus Atlet Dayung
Wali Kota Fasha Jamu Khusus Atlet Dayung
A A A
JAMBI - Sejarah membanggakan kembali lahir di Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi. 22 orang Atlet Dayung berprestasi Kota Jambi akan mewakili Indonesia berlaga di Kejuaraan Internasional Lomba Perahu Naga di Ping Nan Guangxi Tiongkok, minggu ini.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha, pun menaruh perhatian khusus pada "Pahlawan Olahraga" Kota Jambi tersebut. Bertempat di Griya Mayang, Sabtu (27/7/2019), Wali Kota Jambi dua periode itu melepas secara resmi atlet dayung kebanggaan Kota Jambi, yang diawali dengan jamuan khusus bersama Wali Kota Syarif Fasha. Turut hadir pada kesempatan itu Kadispora Kota Jambi beserta Pengurus Cabang Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Provinsi dan Kota Jambi.

Dalam sambutannya, Wali Kota Syarif Fasha menyampaikan apresiasinya kepada tim dayung Kota Jambi yang akan melakukan lawatan internasional tersebut.

“Masyarakat Kota Jambi patut berbangga. Sebab, atlet dayung Kota Jambi terpilih mewakili Indonesia berlaga di kancah internasional. Dari sekian banyak kabupaten/kota se-Indonesia, Jambi mewakili Indonesia untuk kejuaraan Internasional perahu naga di Provinsi Guang Xi, China. Ini menandakan upaya kita selama ini untuk menjadikan olahraga dayung sebagai maskot Kota Jambi, sukses dan sudah mulai dilirik nasional,” ungkap Fasha dalam sambutannya.

Fasha menegaskan bahwa tim dayung Kota Jambi membawa misi besar, yaitu membawa nama Indonesia di ajang bergengsi tingkat internasional.

"Misi olahraga ini bukan hanya misi Kota Jambi, bukan hanya misi Provinsi Jambi, namun ini adalah misi Indonesia. Di pundak kalian ada Merah Putih dan Burung Garuda. Maka untuk itu, tugas dan tanggungjawab ada diatas pundak kalian. Lakukan dengan sebaik-baiknya. Kami di sini hanya bisa mendoakan kalian agar sukses meraih prestasi disana, selamat sampai disana, dan selalu prima dalam berlomba, serta selamat kembali ke Indonesia dan ke Kota Jambi ini," tambah Fasha.

Wali Kota dengan jargon Terkini itu, juga mengajak seluruh masyarakat Jambi agar mendukung dan mendoakan seluruh anggota tim nasional yang berlaga tersebut agar dapat berjaya dan mengharumkan nama Indonesia dan Provinsi Jambi.

"Kepada seluruh masyarakat Kota Jambi dan Provinsi Jambi, saya himbau untuk mendoakan saudara-saudara kita, atau adik-adik kita ini agar kiranya sukses dalam laga internasional ini, sesuai dengan harapan kita. Semoga mereka selalu diberikan kekuatan dan kesehatan, serta keselamatan," pungkas Fasha.

Sebanyak 22 orang Tim dayung Kota Jambi tersebut akan mengikuti laga internasional Perahu Naga (Dragon Boat) tipe A, mulai 31 Juli hingga 1 Agustus 2019. Mereka adalah hasil seleksi dari 50 atlet dayung berprestasi di Kota Jambi. Dalam acara pelepasan itu, Wali Kota Fasha turut pula memberikan uang saku kepada seluruh peserta yang akan berlaga mengharumkan nama Kota Jambi dan Indonesia itu.

Sebagaimana diketahui, Wali Kota Jambi Syarif Fasha, memang memiliki komitmen yang kuat menjadikan olahraga dayung sebagai cabang olahraga andalan di Kota Jambi. Ia juga bertekad mengangkat nama Jambi melalui jalur prestasi cabang olahraga tersebut.

Bahkan, Ia seringkali mengungkapkan ambisinya untuk menjadikan Jambi sebagai ikon nasional pencetak atlet berprestasi cabang olahraga dayung. "Kita ingin, ketika bicara dayung, ingatan orang langsung ke Jambi," ungkapnya dalam satu kesempatan.

Keinginan tersebut bukan tanpa alasan dan sangat realistis, karena Kota Jambi diuntungkan dengan kondisi geografis yang dibelah sungai besar Batanghari serta dianugerahi Danau Sipin yang sangat potensial sebagai tempat pembinaan dan menempa atlet olahraga prestasi dayung di Kota Jambi.

Semangat itu, mulai ditunjukkan Fasha dikala dirinya mulai membangun mimpi masyarakat, dengan mewujudkan Danau Sipin menjadi lokasi wisata dan pusat olahraga dayung di Kota Jambi.

Komitmen dan determinasi Wali Kota Syarif Fasha dalam pembinaan dan memajukan olahraga dayung pun tidak perlu diragukan lagi. Ditangan dingin Fasha, pembenahan Danau Sipin itu memang tampak membuahkan hasil. Selain sukses membenahi Danau Sipin sebagai pusat pembinaan olahraga dayung, ditempat itu pun kini laris digelar berbagai event dayung, baik lokal maupun nasional. Setelah menjadi saksi suksesnya perhelatan lomba pacu perahu dalam rangka HUT Kota Jambi pada Juni lalu, dua event nasional pun sukses digelar di danau kebanggan masyarakat Jambi tersebut, yaitu Kejuaraan nasional Dayung Antar PPLP/PPLPD/SKO Provinsi Jambi Tahun 2019 dan Kejuaraan Nasional Dayung Junior dan U-15.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.3011 seconds (0.1#10.140)