20 Tahun Menabung, Penjaga Toilet Berhasil Naik Haji

Selasa, 23 Juli 2019 - 10:59 WIB
20 Tahun Menabung, Penjaga Toilet Berhasil Naik Haji
20 Tahun Menabung, Penjaga Toilet Berhasil Naik Haji
A A A
MANADO - Yusuf Tuna (72) tak pernah menyangka mimpinya untuk bisa menunaikan rukun Islam yang kelima yakni menunaikan ibadah haji bisa terwujud.

Dia bisa berangkat naik haji setelah 20 tahun menabung dari hasil upah menjaga toilet di kompleks Pasar Bersehati, Manado, Sulawesi Utara.

Niat bapak 4 orang anak ini terwujud setelah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) memberikan kepastian bahwa dia akan berangkat haji bersama 264 calon jamaah haji asal Manado pada 31 Juli 2019.

Meski awalnya tidak percaya mimpinya bisa terwujud, namun Yusuf sangat bersyukur usahanya selama 20 tahun menyisihkan uang dari hasil menjaga toilet bisa mengantarkannya hingga ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

"Awalnya masih tidak percaya, saya kira ini hanya mimpi. Akhirnya saya bisa berangkat haji. Alhamdulillah saya bisa berangkat setelah menunggu 20 tahun," ujar Yusuf, Selasa (23/7/2019).

Sebagai seorang penjaga toilet, penghasilan Yusuf per harinya tidak menentu. Kadang Rp200.000, kadang juga hanya mendapat Rp150.000 per hari.

Jumlah itu masih dipotong untuk biaya hidup keluarganya sehari-hari. Namun karena dari awal dia sudah punya niat untuk naik haji, Yusuf pun rajin menyisihkan sebagian dari penghasilannya itu untuk ditabung.

"Setiap hari saya sisihkan paling banyak Rp50.000 untuk ditabung. Begitu sudah terkumpul baru saya setor ketabungan haji per bulannya," kata Yusuf.

Pendapatan yang pas-pasan itu tidak membuatnya mengurungkan niat untuk bisa menjalankan ibadah haji. Bahkan dari sisa uang yang disisihkannya itu juga sanggup memberangkatkan haji istrinya pada 2015 silam.

“Yang penting kita bekerja secara ikhlas dan niat tulus untuk kebaikan. Tentu pekerjaan itu harus halal. Saya yakin niat dan doa kita akan terkabul,” pungkasnya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4446 seconds (0.1#10.140)