Miris, Bangunan SDN3 Rantau Tijang Tanggamus Nyaris Ambruk

Selasa, 23 Juli 2019 - 08:12 WIB
Miris, Bangunan SDN3 Rantau Tijang Tanggamus Nyaris Ambruk
Miris, Bangunan SDN3 Rantau Tijang Tanggamus Nyaris Ambruk
A A A
TANGGAMUS - Bangunan SDN 3 Rantau Tijang di Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus, Lampung yang berdinding papan dan beratap seng kondisinya sangat mengkhawatirkan dan perlu segera direnovasi.

Sekolah yang dibangun pada 1990 ini memakai 80% bahan dasar kayu. Di antaranya dinding bangunan yang menggunakan papan.

Selain itu atapnya memakai seng. Sedangkan akses jalan lumayan sulit dijangkau, terutama saat turun hujan.

Posisi sekolahan terletak di Pedukuhan Campang Kiri Pekon, Rantau Tijang, Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Untuk menuju ke lokasi harus melewati akses jalan berbatu sepanjang tiga kilometer.

Kondisi sekolah yang memperhatinkan membuat orang tua enggan anaknya mendaftarkan ke sekolah ini.

Pada peneriman siswa baru 2019, sekolah ini hanya mendapatkan tujuh siswa baru. Total siswa mencapai 35 orang dari kelas satu hingga kelas enam.

SDN 3 Rantau Tijang hanya memiliki dua lokal ruang belajar yang disket atau dibagi untuk empat kelas, serta dua gedung papan yang kondisinya memprihatinkan.

Pada 2014 dua lokal gedung sekolah tersebut direnovasi. Namun kini kondisi dari bangunan tersebut sangatlah miris. Di sana-sini terdapat banyak sekali kerusakan yang sangat menghawatirkan.

Guru SDN 3 Rantau Tijang Erlinda menjelaskan, kekhawatiran kondisi gedung sekolah ini sangat dirasakan sekali oleh para dewan guru sekolah.

“Jika musim hujan atap seng bocor, alas lantai berdasar semen sudah hancur, serta dinding papan yang mulai rapuh dimakan rayap,” katanya.

Sementara orang tua siswa, Marsidi berharap agar Pemerintah Kabupaten Tanggamus segera merenovasi gedung sekolah. “Agar dapat memperlancar proses belajar mengajar dan orang tua murid tidak khawatir dengan kondisi bangunan,” katanya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6453 seconds (0.1#10.140)