Bupati Indra Catri Fokus Benahi Ibu Kota Lubuk Basung

Jum'at, 19 Juli 2019 - 15:27 WIB
Bupati Indra Catri Fokus Benahi Ibu Kota Lubuk Basung
Bupati Indra Catri Fokus Benahi Ibu Kota Lubuk Basung
A A A
LUBUK BASUNG - Tepat tanggal ini 26 tahun yang lalu, Ibu Kota Kabupaten Agam berpindah dari Bukittinggi ke Lubuk Basung. Selama rentang 26 tahun itu pula Lubuk Basung terus bersolek untuk berusaha menjadi ibukota yang representatif bagi Kabupaten Agam yang sudah memiliki nama besar di tingkat nasional.

Indra Catri yang saat ini menjabat sebagai Bupati Agam menjelaskan lika-liku upaya pembangunan ibukota yang tergolong 'muda jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Sumatera Barat.

Ditemui disela-sela upacara peringatan 26 tahun Lubuk Basung sebagai Ibukota Kabupaten Agam di halaman kantor Bupati Agam, Jumat (19/7/2019), Indra Catri mengakui bahwa perjuangannya memiliki dimensi kesulitan yang berbeda, jika dibandingkan dengan bupati atau walikota lain yang sudah memiliki ibukota yang settled.

Masa 26 tahun sebagai ibukota sebuah Kabupaten yang sangat luas tentu bisa dikatakan masa yang relatif pendek. Namun dalam waktu singkat yang dimiliki, Indra Catri berupaya melaksanakan pembangunan agar Lubuk Basung secara bertahap menjelma menjadi ibukota ideal bagi kabupaten penghasil tokoh-tokoh nasional itu.

"Dinamika membangun sebuah kota untuk menjadi sebuah ibukota yang representatif memiliki dinamika tersendiri. Mungkin agak berbeda dengan mayoritas kepala daerah yang lain dengan ibukotanya yang sudah settled, di Agam kami masih harus membangun dan meningkatkan kapasitas dan kualitas pembangunan ibukota, baik secara fisik ataupun non fisik," jelas Bupati pemegang gelar Doktor Ilmu Pemerintahan itu.

Ditanyakan mengenai suka dukanya dalam membangun ibukota, Indra Catri menegaskan bahwa hal itu adalah hal yang lumrah.

"Kita tidak menampik bahwa masih ada saran dan kritik yang pedas, namun kami cenderung memandang hal itu sebagai bukti semangat dari masyarakat untuk terus maju dari hari ke hari. Walaupun kadang ada kritik yang cenderung membully, kami yakin itu disebabkan karena mereka belum mendapatkan informasi yang benar. Namun hal-hal seperti itu tidak boleh menganggu fokus kami dalam melaksanakan pembangunan," terang Indra Catri.

Saat ini Indra Catri telah memasuki tahun ke-tiga pada periode kepemimpinannya yang kedua sebagai Bupati Agam. Melihat konsistensi nya dalam merubah wajah ibukota Kabupaten Agam menjadi lebih menawan, sepertinya Lubuk Basung akan semakin elok tahun-tahun mendatang. Hampir 100 km jalan di Lubuk Basung telah dibangun atau ditingkatkan kualitasnya. Berbagai bangunan kantor dan fasilitas publik dengan konsep super blok juga telah menambah keindahan ibukota muda ini.

"Bersama masyarakat, kami akan terus memperkuat soliditas dalam membangun. Karena sesungguhnya masyarakat adalah subjek dari pembangunan itu sendiri, basamo mako manjadi," tutup salah satu kepala daerah jebolan ITB itu.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5888 seconds (0.1#10.140)