Hadiri Undangan Presiden, Gubernur NTB Siap Sukseskan MotoGP 2021

Selasa, 16 Juli 2019 - 11:52 WIB
Hadiri Undangan Presiden, Gubernur NTB Siap Sukseskan MotoGP 2021
Hadiri Undangan Presiden, Gubernur NTB Siap Sukseskan MotoGP 2021
A A A
JAKARTA - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah menghadiri undangan rapat terbatas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (15/7/2019). Rapat terbatas tersebut membahas pengembangan destinasi pariwisata prioritas.

Pada rapat terbatas tersebut melahirkan sejumlah kebijakan baru untuk NTB, salah satunya adalah dukungan untuk memastikan persiapan MotoGP di Kawasan Mandalika, Lombok berjalan sesuai rencana. Rapat terbatas tersebut dihadiri juga oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan jajaran menteri Kabinet Kerja, serta Gubernur Sumatera Utara, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur NTT dan Gubernur Sulawesi Utara.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah memastikan pembangunan infrastuktur akan tepat waktu. “Jadi pembahasan rapat tadi adalah untuk membahas kawasan pariwisata prioritas di NTB, yakni di Mandalika. Ini sebabkan kawasan Mandalika akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP pada tahun 2021 dan Pak Jokowi memastikan bahwa infrastruktur tahun depan akan selesai semua,” papar Zulkieflimansyah.

Zulkieflimansyah mengakui ada kendala tapi masih dalam kendali. Menurutnya tidak ada alasan untuk Indonesia tidak siap menjadi tuan rumah MotoGP.

Dia melanjutkan Pemprov NTB sudah mantap dari segi persiapan. Dia menilai ini adalah pintu masuk NTB menjadi destinasi wisata kelas dunia seperti Bali.

"Saya akui memang masih ada sedikit kesulitan dari pengadaan tanah tapi ini masih dalam kendali dan bisa kami atasi. Kami telah mensosialisasikan kepada masyarakat terkait Undang-Undang (UU) No 2 Tahun 2012, tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum. Apa yang kami dirikan adalah untuk kepentingan umum maka harga tanah harus sesuai dengan harga pasar jadi tidak boleh terlalu tinggi diatas pasar,” jelasnya.

Selanjutnya, Gubernur Zulkieflimansyah menjelaskan bahwa proses pembangunan di Mandalika berjalan sesuai dengan jadwal. Pembangunan jalan besar atau high way dari bandara ke Mandalika berjalan lancar.

"Untuk saat ini kami memang memprioritaskan Mandalika tapi kami juga ingin bandara lama bisa digunakan kembali agar menghidupkan Senggigi dan Gili Trawangan,” ucapnya.

Gubernur NTB juga memastikan pembangunan kawasan Mandalika bisa selesai sebelum MotoGP dimulai. “Pembangunan Mandalika tahun depan harus sudah selesai dan Oktober tahun ini kami mulai proses. Sirkuit di Mandalika nanti tidak seperti sirkuit pada umumnya, jadi kami akan mendesain jalan raya untuk dijadikan sirkuit seperti di Singapura."

"Kami juga memiliki kabar gembira yaitu dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani telah mengalokasikan tambahan dana sebesar Rp6,5 triliun untuk empat destinasi wisata. Empat destinasi wisata tersebut adalah Toba, Mandalika, Borobudur dan Labuan Bajo dan dan Menteri Pariwisata, Arif Yahya juga sedang mengusahakan Direct Flight dari Darwin Australia ke Lombok,” sambung Zulkieflimansyah.

Dia juga berharap dengan memprioritaskan kawasan Mandalika akan meningkatkan perekonomian masyarakat di NTB. Dengan adanya MotoGP nantinya turis-turis lokal maupun mancanegara pasti semakin banyak yang berkunjung ke NTB.

"Di NTB sendiri saat ini juga sudah mempersiapkan fasilitas untuk turis-turis yang berkunjung ke NTB, semoga dengan pembangunan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan pemerintah memang mencanangkan mengembangkan 10 Bali baru atau lokasi wisata seperti Bali. Meski begitu, baru lima destinasi yang mendapat prioritas terlebih dahulu."Adapun lima destinasi wisata prioritas itu yakni Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), Danau Toba di Sumatera Utara (Sumut), Bunaken di Sulawesi Utara (Sulut), dan Borobudur di Jawa Tengah (Jateng),” tutup Jokowi.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5962 seconds (0.1#10.140)