Pembangunan Sentra IKM Dapat Tingkat Pendapatan Nelayan

Selasa, 02 Juli 2019 - 10:25 WIB
Pembangunan Sentra IKM Dapat Tingkat Pendapatan Nelayan
Pembangunan Sentra IKM Dapat Tingkat Pendapatan Nelayan
A A A
PAINAN - Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, Hendrajoni, mengharapkan pembangunan sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) pengolahan hasil perikanan di Nagari Carocok Anau Ampang Pulai Tarusan Kecamatan Koto XI Tarusan, mampu meningkatkan pendapatan nelayan.

Bupati Hendrajoni mengatakan hal tersebut saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) pengolahan hasil perikanan di Nagari Carocok Anau Ampang Pulai Tarusan, Senin (1/7/2019).

Menurutnya, dengan adanya sentra IKM dapat menjadi pasar baru bagi nelayan untuk memasarkan hasil penangkapannya.

"Nelayan harus mampu memenuhi kebutuhan bahan baku yang dibutuhkan dalam produksi berbagai jenis makanan olahan di IKM nantinya," kata Bupati Hendra.

Sentra IKM merupakan lokasi pemusatan kegiatan industri kecil dan menengah yang menghasilkan produk sejenis, menggunakan bahan-bahan baku sejenis dan atau mengerjakan proses produksi yang sama.

Ditetapkan Carcok Anau berdasarkan ketersedian bahan baku ikan untuk menghasilkab produk seperti ikan kering, teri asin naget.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian, Azral menjelaskan, secara keseluruhan pembangunan sentra IKM akan selesai pada tahun 2020 mendatang, direncanakan akan menelan biaya sebesar Rp32,5 miliar.

Pembangunan IKM dimulai pada 2018 dengan jenis pekerjan pembersihan lahan dan pembangunan kantor pengelola, dengan nilai Rp1 miliar.

Kemudian pada 2019 ini dilanjutkan dengan biayaRp 14,5 miliar yang dipergunakan untuk penimbunan, pembangunan instalasi air limbah, pembanguan 3 unit ruang produksi, restoran, drainase, jaringan penerangan listrik dan sarana pendukung lannya.

Terakhir Pembangunan akan dilanjutkan tahun 2020 dengan biaya sebesar Rp17 miliar yang bersumber dari APBN.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5199 seconds (0.1#10.140)