Bendungan Leko Pancing Kekeringan, Warga Makassar-Maros Terancam Krisis Air Bersih

Senin, 01 Juli 2019 - 13:04 WIB
Bendungan Leko Pancing Kekeringan, Warga Makassar-Maros Terancam Krisis Air Bersih
Bendungan Leko Pancing Kekeringan, Warga Makassar-Maros Terancam Krisis Air Bersih
A A A
MAROS - Sejak sebulan terakhir Bendungan Leko Pancing yang terletak di Desa Pucak, Kecamatan Tompo Bulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan mengalami kekeringan. Kekeringan ini membuat produksi air bersih milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar mengalami penurun hingga 70 persen.

Akibatnya daerah Kabupaten Maros dan Kota Makassar yang mendapatkan suplai air bersih dari PDAM terancam krisis air bersih.

Petugas Bendungan Leko Pancing Makmur mengatakan, Bendungan Leko Pancing yang merupakan milik Perusahaan Daerah Air Minum Kota Makassar mempunyai 32 pintu air.

“Namun di musim kemarau panjang ini hanya satu pintu air yang berfungsi dengan ketinggian debit air sekitar 1,5 meter di bawah mercu Hal ini tentu saja akan berdampak pada pasokan air bersih di dua daerah tersebut,” katanya, Senin (1/7/2019).

Untuk ketinggian normal debit air di Bendungan Leko Pancing sekitar 1 meter atau 50 centimeter diatas mercu. Diperkirakan kondisi kemarau panjang ini akan terus terjadi sampai memasuki musim penghujan di bulan Oktober.

Sementara itu kondisi kekeringan di Bendungan Leko Pancing ini juga dimanfaatkan sebagian penambang pasir untuk menyedot pasir bendungan yang mulai mengalami kekeringan. Kekeringan ini juga dimafaatkan sebagian warga untuk mencari ikan di air bendungan yang dangkal.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8436 seconds (0.1#10.140)