DPRD Kota Yogyakarta Dipenuhi Wajah-wajah Baru

Jum'at, 10 Mei 2019 - 23:44 WIB
DPRD Kota Yogyakarta Dipenuhi Wajah-wajah Baru
DPRD Kota Yogyakarta Dipenuhi Wajah-wajah Baru
A A A
YOGYAKARTA - Lebih dari 50% kursi di DPRD Kota Yogyakarta diisi oleh wajah-wajah baru. Dari 40 kursi tersedia, 21 di antaranya wajah baru.

Bahkan perolehan suara secara By name juga tidak kalah dengan caleg petahana. Salah satu caleg wajah baru dari PAN Indaruwanto Eko yang mendulang suara by name (atas nama sendiri) 3. 819 suara. Perolehan ini hanya sedikit dibawah caleg pertahana dari PDIP Dwi Saryono dengan perolehan suara 3.947 suara by name.

Dari 40 wakil rakyat, Indaruwanto juga tercatat bakal menjadi salah satu dari dua wakil rakyat termuda di DPRD Kota Yogyakarta. "Ini adalah pengalaman pertama saya di pemilu. Alhamdulillah menjadi salah satu peraih suara tertinggi," katanya saat menggelar syukuran di Yogyakarta, Jumat(10/5/2019) malam.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Yogyakarta Hidayat Widodo mengatakan, rekapitulasi perolehan suara untuk DPRD Kota Yogyakarta sudah selesai. Berdasarkan perolehan suara yang dikonversi ke perolehan kursi DPRD Kota Yogyakarta, PDIP masih menjadi pemenang meski perolehan suara turun dua kursi.

Pada Pemilu 2014 lalu, PDIP meraih 15 kursi dan pada Pemilur 2019 menjadi 13 kursi. Di urutan kedua PAN mendapat 6 kursi, Gerindra 5 kursi, PKS 5 kursi, Golkar 4 kursi, NasDem 4 kursi, Demokrat 2 kursi dan PPP 1 kursi. "Semua sudah final dan ada partai yang mengalami penurunan kursi dan ada yang naik," katanya.

Untuk penurunan suara, selain dialami PDIP juga dialami Partai Golkar, dari lima kursi menjadi menjadi empat kursi dan PPP turun dari empat kursi menjadi satu kursi. "Sedangkan partai politik yang mengalami kenaikan perolehan kursi di DPRD Kota Yogyakarta, antara lain PAN, NasDem, PKS dan Demokrat," pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8702 seconds (0.1#10.140)