5 Partai Politik dengan Kursi Terbanyak di DPRD Jawa Timur, PDIP Memimpin

Senin, 22 Mei 2023 - 16:41 WIB
loading...
5 Partai Politik dengan Kursi Terbanyak di DPRD Jawa Timur, PDIP Memimpin
Terdapat lima partai politik yang memperoleh kursi terbanyak di DPRD (Dewan Perwakilan Daerah) Provinsi Jawa Timur pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu. Foto DOK ist
A A A
JAWA TIMUR - Terdapat lima partai politik yang memperoleh kursi terbanyak di DPRD (Dewan Perwakilan Daerah) Provinsi Jawa Timur pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu. Dari kelima partai politik tersebut, PDIP memimpin peringkat pertama kursi terbanyak.

Terdapat 134 kursi yang tersedia untuk DPRD Jawa Timur pada 2019 lalu. Dari total jumlah tersebut dibagi menjadi 14 Dapil yang mewakili setiap wilayah.

Sebelum ditetapkan sebagai DPRD Jawa Timur, sempat terjadi beberapa gugatan dari sejumlah pemohon terkait masalah hasil rekapitulasi suara anggota legislatif ini.



Namun seluruh gugatan tersebut ditolak oleh Mahkamah Konstitusi. Sehingga tidak mengubah perolehan kursi yang sebelumnya telah ditetapkan.

5 Partai Politik dengan Kursi Terbanyak di DPRD Jawa Timur

Berikut ini lima partai politik yang punya perolehan kursi terbanyak di DPRD Jawa Timur setelah Pemilu 2019.

1. Golkar

Partai Golongan Karya memperoleh 13 kursi di DPRD Jawa Timur pada Pemilu 2019. Menjadikannya ada di posisi ke lima.

Dari 14 dapil yang tersedia, Golkar mengisi 13 dapil yang ada. Sehingga di setiap wilayah terdapat satu nama dari partai berlambang pohon beringin ini. Hanya Dapil 10 yang tidak ada satupun nama dari Golkar.

2. Demokrat

Unggul satu kursi dari Golkar, Partai Demokrat memiliki 14 kursi di DPRD Jawa Timur. Dari 14 dapil yang tersedia, partai berlambang bintang ini mengisi 12 di antaranya.


3. Gerindra

Selanjutnya ada Gerindra yang memiliki 15 kursi di DPRD Jawa Timur. Partai besutan Prabowo ini hampir memperoleh kursi di setiap dapil yang tersedia. Hanya dapil 8 saja yang tidak terdapat wakil dari Partai Gerindra.

4. PKB

Partai Kebangkitan Bangsa memiliki 25 kursi di DPRD Jawa Timur, yang membuatnya selalu ada di setiap dapil yang tersedia.

Dimana dapil 4 yang menaungi Kabupaten Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi, menjadi dapil yang paling banyak memiliki wakil dari PKB, yakni sebanyak tiga orang.

5. PDIP

Sebanyak 27 kursi di DPRD Jawa Timur dimiliki oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Membuatnya sebagai partai politik dengan kursi DPRD terbanyak di Jatim.

Sama seperti PKB, nama wakil PDIP juga selalu ada di setiap dapil. Bahkan terdapat empat nama dari Partai milik Megawati Soekarnoputri di daerah pemilihan 9 yang menaungi Kabupaten Trenggalek, Probolinggo, Ngawi, Magetan, Pacitan, dan Ponorogo.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2272 seconds (0.1#10.140)