Perolehan Suara PDIP dan PKS Mendominasi di KBB

Kamis, 09 Mei 2019 - 18:21 WIB
Perolehan Suara PDIP dan PKS Mendominasi di KBB
Perolehan Suara PDIP dan PKS Mendominasi di KBB
A A A
BANDUNG BARAT - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meraih suara tertinggi di Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada pemilu 2019. Namun, perolehan itu belum tentu linear dengan distribusi raihan kursi karena diprediksi yang meraih kursi lebih banyak adalah Partai Keadilan Sejaktera (PKS).

Berdasarkan penghitungan KPU KBB, untuk Pileg 2019, baik DPR, DPRD Provinsi, maupun DPRD Kabupaten, perolehan suara yang diraih PDIP sebanyak 142.433. Kemudian PKS berada di peringkat kedua dengan 127.797 suara. Sedangkan Partai Gerindra di peringkat ketiga, dengan selisih kurang dari 1.000 suara.

"Hasil rekap sudah beres dan diserahkan ke provinsi, angkanya tidak berbeda dengan yang beredar di masyarakat. Tapi untuk kursi caleg terpilih dan berapa-berapanya belum karena harus menunggu penetapan dari KPU RI," kata Ketua KPU KBB, Adie Saputro, Kamis (9/5/2019).

Disinggung mengenai beredarnya daftar nama-nama caleg DPRD KBB yang terpilih dengan raihan kursi partai, Adie menampik jika itu pihaknya yang merilis. Sejauh ini KPU KBB belum menetapkan siapa-siapa yang terpilih jadi anggota DPRD KBB periode 2019-2024, sehingga tidak bertanggungjawab terhadap informasi yang beredar di luar.

"Kalau yang soal nama-nama caleg dan jumlah kursi partai di DPRD KBB kami tidak tahu, bukan kami yang mengeluarkan," ujarnya.

Ketua DPD PKS KBB, Rismanto menyatakan, pihaknya merasa bersyukur karena suara PKS meningkat drastis pada pemilu 2019. Pada Pemilu 2014, PKS memperoleh sekitar 81.000 suara. Suara PKS pada saat itu yang terbanyak ketiga setelah PDIP dan Golkar.

Namun, saat perolehan suara dikonversi ke kursi dewan, PKS hanya mendapatkan empat kursi di DPRD KBB dan tidak berhak untuk jabatan unsur pimpinan karena kalah dari Gerindra dan PPP.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7043 seconds (0.1#10.140)