Tingkatkan Sektor Pertanian, Pemkab Morowali Buka Pameran Teknologi Pertanian

Selasa, 07 Mei 2019 - 21:09 WIB
Tingkatkan Sektor Pertanian, Pemkab Morowali Buka Pameran Teknologi Pertanian
Tingkatkan Sektor Pertanian, Pemkab Morowali Buka Pameran Teknologi Pertanian
A A A
BUNGKU - Pameran pasar teknologi PT. Advansia Indotani resmi dibuka di Desa Lantula Jaya, Kecamatan Witaponda, Kamis (02/05/19). Acara dihadiri oleh Sekda Kab. Morowali Moh. Jafar Hamid, Kadis Pertanian Andi Irman, Kadis Porabudpar Ismail Rasuna, Manager PT. Advansia Ansar, dan seluruh kelompok tani se-Kecamatan Witaponda.

Dalam sambutannya, Sekda Moh. Jafar Hamid menyebut bahwa Witaponda dan Bumiraya merupakan pusat lumbung padi Kabupaten Morowali. Karena itu, Pemkab berupaya meningkatkan sektor pertanian, salah satunya bermitra dengan PT. Advansia.

Jafar mengimbau petani memanfaatkan dengan baik bantuan yang diberikan agar kuantitas dan kualitas pasca-panen semakin meningkat dan biaya produksi dapat ditekan. “Pergunakan bantuan alat atau teknologi sebaik mungkin, sehingga memberikan hasil yang maksimal,” ujarnya, seperti dilansir morowalikab.go.id.

Sementara itu, Kadis Pertanian, Andi Irman, mengapresiasi upaya PT. Advansia yang telah bekerjasama membantu petani melalui penerapan teknologi. “Terimakasih kepada PT Advansia yang telah mendampingi para petani selama 3 musim melalui teknologi-teknologinya untuk menekan biaya operasional petani tetapi hasilnya berlimpah,” tuturnya.

Hal serupa diungkapkan Ansar, Manajer PT. Advansia. Dia berpendapat bahwa peran mereka sebagai produsen pertanian adalah membantu petani mencari solusi bagi masalah-masalah terkait sektor pertanian.

"Kabupaten. Morowali merupakan daerah yang potensial dalam sektor pertanian. Selain itu, segmentasi untuk bahan makanan pokok sangat baik. Selain sebagai daerah yang potensial dalam sektor pertanian, pangsa pasarnya juga sangat bagus karena di daerah perusahaan atau di Kawasan Industri Bahodopi terdapat 30.000 karyawan yang membutuhkan beras sebagai makanan pokok,” ungkap Ansar.

Seperti diketahui, even pasar teknologi kali ini adalah yang kedua di Sulawesi Tengah, sebelumnya diadakan di Desa Tolai, Kab. Parimo. Pameran pasar teknologi dari PT. Advansia yang dipamerkan adalah produk-produk kebutuhan petani. Pameran dirangkaikan dengan panen perdana di area seluas 450 Hektar dari total 2.393 hektar lahan pertanian.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4031 seconds (0.1#10.140)