Penambangan Emas Ilegal Longsor di Kotabaru, 4 Orang Tewas Tertimbun

Minggu, 05 Mei 2019 - 23:15 WIB
Penambangan Emas Ilegal Longsor di Kotabaru, 4 Orang Tewas Tertimbun
Penambangan Emas Ilegal Longsor di Kotabaru, 4 Orang Tewas Tertimbun
A A A
KOTABARU - Area penambangan emas ilegal di Desa Gunung Putri, Kecamatan Sungai Durian, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, longsor dan menimbun sejumlah penambang. Empat orang penambang ditemukan meninggal dan satu lainnya selamat dalam kondisi luka.

“Seluruh korban hilang sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Jenazah sudah diserahkan kepada keluarga masing-masing,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (5/5/2019) malam.

Keempat korban meninggal diketahui atas nama Syahruni (25), Misdi (35), Ali (30), dan Tatung (40). Sedangkan korban luka atas nama Sugeng (35).

Sutupo menjelaskan, area penambangan emas ilegal itu longsor pada Sabtu 4 Mei 2019 sekitar pukul 13.30 WITA.
Begitu mendapat kabar adanya area pertambangan emas ilegal mengalami longsor, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Kotabaru langsung melakukan pendataan.

TRC bersama TNI/Polri dan SAR selanjutnya bergegas menuju lokasi mencari korban. Tim sempat terkendala di lapangan lantaran lokasi kejadian berada di daerah yang sulit dijangkau, yakni sekitar 15 Km dari Kecamatan Sungai Durian dan ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 4-5 jam.

“TRC BPBD Kabupaten Kotabaru dan Tim SAR berhasil mengevakuasi korban Minggu sekitar pukul 12.30 WITA,” ucapnya.

Hingga kini belum diketahui pasti pemicu longsor. “Masih dalam penyelidikan pihak kepolisian,” pungkas Sutopo.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6729 seconds (0.1#10.140)