PSU di Tanjunjpinang, Prabowo-Sandi Menang Tipis

Minggu, 28 April 2019 - 03:10 WIB
PSU di Tanjunjpinang, Prabowo-Sandi Menang Tipis
PSU di Tanjunjpinang, Prabowo-Sandi Menang Tipis
A A A
TANJUNGPINANG - Pasangan presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandi menang tipis dari pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dalam pemungutan suara ulang (PSU) di lima TPS di Tanjungpinang, Kepri, Sabtu (27/4/2019). Prbowo-Sandi meraih 375 suara, sedangkan Jokowi -Ma'ruf memperoleh 311 suara dari total pemilih 693 orang.

Data tersebut dihimpun dari dari masing-masing TPS, yakni empat TPS di Tanjung Ayun Sakti. Adapun rinciannya TPS 14 Jokowi-Ma'ruf 56 suara dan nomor urut 02 Prabowo-Sandi 73, suara tidak sah dua suara dari total suara 131 suara. TPS 17 Jokowi-Ma'Ruf 37 suara dan Prabowo-Sandi 92 suara dari total 129 suara.

Selanjutnya, di TPS 31 Jokowi-Ma'Ruf 47 suara dan Prabowo-Sandi 83 suara, tidak sah satu suara dari total 130 suara, TPS 32 Jokowi-Ma'Ruf 25 suara dan Prabowo-Sandi 39 suara, tidak sah satu suara dari total 65 suara. Terakhir TPS 14 Pinang Kencana Jokowi-Ma'ruf 146 suara dan Prabowo-Sandi 88 suara, tidak sah empat dengan total 238 suara.

Pelaksanaan PSU di Tanjungpinang dipantau langsung Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) Irjen Pol Andap Budhi Revianto. Andap ingin memastikan keamanan dalam proses PSU di Kepri yang sedang berlangsung di beberapa TPS.

"Saya khsusus datang ke sini (TPS 14) untuk melihat secara langsung proses PSU di Tanjungpinang. Saya datang untuk memotivasi agar tetap semangat, terpenting jaga kesehatan dalam bertugas," kata Andap saat memantau di TPS 14 Kelurahan Pinang Kencana, Tanjungpinang Timur, Tanjungpinang, Kepri.

Dia menyampaikan, prosesi pengamanan Pemilu 2019 di Kepri dapat berjalan baik, aman, lancar dan kondusif. Lancarnya pemilu ini atas berkat kerja sama yang baik semua komponen masyarakat, utamanya kedewasaan masyarakat Kepri, secara khusus Tanjungpinang. "Alhamdulillah, pengamanan pemilu berjalan baik," katanya.

Andap menyebutkan, data keseluruhan TPS di Kepri sebanyak 5.477 TPS yang saat ini masing-masing kotak TPS (logistik) sudah berada di tingkat panitia pemilihan (PPK) untuk rekapitulasi hasil penghitungan suara dengan jumlah sebanyak 70 PPK.

Sejauh ini rekapitulasi sudah selaisai sebanyak 49 PPK dan yang belum sebanyak 21 PPK. "Jumlah yang belum direkapitulasi sebanyak 2.171 TPS," ujarnya.

Selama proses pemilu berlangsung sudah empat orang telah meninggal dunia di Kepri, teridiri dari dua orang perlindungan masyarakat (Linmas), satu orang kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan satu orang anggota Satuan Brimob Polda Kepri.

Andap meminta kepada semua komponen masyarakat agar sama-sama menjaga pengamanan Tanah Bunda Melayu. "Mari kita jaga Kepri dengan baik, masyarakat tidak terpecah, tidak terprovokasi. Apabila ada masalah sampaikan melalaui mekanisme yang ada, baik itu melalui Bwaslu maupun Mahkamah Konstitusi," pungkas Andap.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5624 seconds (0.1#10.140)