Sultan Instruksikan Pembuatan Embung untuk Mencegah Banjir

Jum'at, 22 Maret 2019 - 14:04 WIB
Sultan Instruksikan Pembuatan Embung untuk Mencegah Banjir
Sultan Instruksikan Pembuatan Embung untuk Mencegah Banjir
A A A
BANTUL - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X menginstruksikan pembuatan embung untuk mengatasi banjir yang terjadi setiap tahun. Sultan menawarkan embung dibuat di tanah Sultan Ground (SG) agar tidak perlu melakukan pembebasan tanah.

“Satu-satunya cara kalau mau permanen, sebelum (banjir) mengalir ke sini dicegat di utara. Bikin embung,” terangnya. “Nanti dilihat, pakai tanah SG yang terbaik di mana,” tambahnya saat meninjau lokasi bencana banjir dan longsor di Imogiri, Bantul, Jumat (22/3/2019) pagi.

Raja Keraton Yogyakarta dan rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 8.30 WIB, di Dusun Gejayan, Girirejo, Imogiri, yang terdampak luapan Sungai Celeng. Sultan langsung berdiskusi dengan warga setempat.

Dari tempat ini rombongan gubernur kemudian meninjau talud yang ambrol di pinggir Sungai Oya di Kampung Kedung Miri, Pendukuhan Ngunut, Sriharjo. Di tempat tersebut Sultan sempat memberikan sejumlah petunjuk kepada kepala Dinas PU ESDM DIY Hananto Hadi Purnomo.

Sultan meminta agar dikaji untuk pembuatan embung mengatasi banjir yang terus melanda wilayah Bantul. Selama beban air tidak dikurangi maka banjir akan terus terjadi. “Lha yan diutara yang ditanam beton semua,” ujar Sultan.

Menurut Sultan Beban Sungai Oyo ini kalau musim hujan sangat besar. Akibatnya banjir terus terjadi di wilayah Bantul akibat kiriman air dari wilayah utara.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5092 seconds (0.1#10.140)