Sepuluh Ribu Santri di Magetan Ajukan Pindah Pilih

Jum'at, 15 Februari 2019 - 07:00 WIB
Sepuluh Ribu Santri di Magetan Ajukan Pindah Pilih
Sepuluh Ribu Santri di Magetan Ajukan Pindah Pilih
A A A
MAGETAN - Sedikitnya sepuluh ribu santri Pondok Pesantren (Ponpes) Temboro Kabupaten Magetan, Jawa Timur mengajukan diri pindah pilih ke KPUD Magetan, pada Kamis (14/2/2019).

Para santri ini merupakan bakal pemilih tetap yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu April 2019 di kampung halaman karena semuanya berasal dari luar daerah. Alasan jarak tempuh dan waktu pelaksanaan menjadi pertimbangan untuk menggunakan haknya di lingkungan pondok.

Dengan tertib para santri ini didata oleh para relawan internal pondok yang ditunjuk oleh KPUD Magetan untuk mengajukan diri sebagai bakal pemilih tetap dengan status pindah pilih. (Baca Juga: Sambangi Pesantren di Jateng, Polri Ajak Santri Ikut Perangi Hoaks )

Berbekal KTP identitas mereka dimasukkan ke data base KPU dan mengisi formulir yang berisi identitas dan keikutsertaanya pada Pemilu 2019. Sebagian besar di antara mereka lebih banyak menggunakan hak suaranya untuk pemilihan presiden dan wakil presiden.

Salah satu santri bernama Qurnan, asal Riau mengatakan, alasan para santri untuk mengajukan diri pindah pilih ini karena pertimbangan jarak tempuh dan waktu pelaksanaan pemilu berada pada masa kegiatan belajar.

Sehingga mereka tidak memungkinkan menggunakan hak pilihnya di kampung halaman yang berada di luar Magetan, bahkan kebanyakan dari luar pulau Jawa. (Baca Juga: Sebanyak 363 Ribu Penyandang Disabilitas Dapat Hak Pilih Pemilu 2019 )

Dari data yang didapat sebanyak 2.000 santriwati dan 8.000 santri putra siap menyalurkan hak pilihnya pada pemilu April mendatang. Dalam pelaksanaanya, KPU dan PPK setempat memfasilitasi para santri menyalurkan hak suaranya di TPS yang didirikan di dalam pondok.

Nur Salam, Anggota Komisioner KPU Magetan mengatakan, selain menyasar pondok, pihaknya juga memfasilitasi pemegang hak pilih dari rutan maupun para pekerja pabrik yang berdomisili di Magetan.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6004 seconds (0.1#10.140)