Tangkal Radikalisme dan Hoaks, Polres Payakumbuh Giatkan Bakti Religi

Sabtu, 02 Februari 2019 - 18:51 WIB
Tangkal Radikalisme dan Hoaks, Polres Payakumbuh Giatkan Bakti Religi
Tangkal Radikalisme dan Hoaks, Polres Payakumbuh Giatkan Bakti Religi
A A A
PAYAKUMBUH - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), menggiatkan program bakti religi setiap Sabtu, yakni dengan membersihkan tempat-tempat ibadah seperti masjid dan gereja. Kegiatan ini dalam rangka lebih mendekatkan diri dengan masyarakat.

"Selain itu, menyampaikan sosialisasi terkait program yang akan dan sedang berjalan. Bakti religi juga dapat menangkal hal-hal negatif, seperti melawan bahaya radikalisme dan menangkal hoaks di kalangan masyarakat," ujar Kapolres Payakumbuh AKBP Endrastiawan, di Mapolres Payakumbuh, Sabtu (2/2/2019).

Menurut dia, bakti religi tak sekadar membersihkan rumah ibadah, tapi juga menunjukkan aparat kepolisian hadir di tengah masyarakat. Dengan begitu warga bisa melaporkan sesuatu yang terjadi di lingkungannya, termasuk memberitahukan aktivitas mencurigakan. Di sinilah peran binmas kepolisian dimaksimalkan.

Kasat Binmas Polres Payakumbuh AKP Hikmah menambahkan, kegiatan-kegiatan turun ke lapangan berupa pertemuan dengan tokoh adat, tokoh agama, dan masyarakat sangat diperlukan, selain sosialisasi intensif ke sekolah.

"Dalam kegiatan ini terjadi ruang dialog, tidak monolog," ucapnya saat sosialisasi anti hoaks di SMA PGRI Payakumbuh.

Untuk wilayah hukum di Payakumbuh, kata dia, tidak ditemukan ancaman radikalisme. Ini berkat partisipasi aktif kepolisian dan masyarakat dalam menangkal paham tersebut. "Kalaupun ada kasus kecil seperti pengungkapan ganja dan pencurian," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6542 seconds (0.1#10.140)