Seminggu di Pengungsian 1.065 Pengungsi Mulai Terserang Penyakit

Senin, 31 Desember 2018 - 16:37 WIB
Seminggu di Pengungsian...
Seminggu di Pengungsian 1.065 Pengungsi Mulai Terserang Penyakit
A A A
KALIANDA - Tujuh hari berada di pengungsian membuat 1.000 lebih pengungsi mulai terserang berbagai macam jenis penyakit. Kondisi cuaca serta lingkungan yang kurang bersih menjadi salah satu penyebab pengungsi mudah terserang penyakit.
Seminggu di Pengungsian 1.065 Pengungsi Mulai Terserang Penyakit

Posko kesehatan yang ada di Lapangan Tenis Indoor, Kalianda, Lampung Selatan ramai dikunjungi oleh para pengungsi yang kebanyakan adalah warga Pulau Sebesi dan Sebuku.

Setiap harinya posko ini di datangi oleh 100 lebih pengungsi yang terkena penyakit. Setelah tujuh hari dibuka tercatat sudah 1.065 pasien yang datang di posko kesehatan dan tiga di antaranya harus dirujuk di Rumah Sakit Umum Bob Bazar, Kalianda, Lampung Selatan.

Rata – rata pengungsi terkena berbagai penyakit diantaranya, diare, ispa, penyakit kulit, radang tenggorokan serta beberapa jenis penyakit lainnya. Kondisi fisik yang lemah serta kondisi lingkungan yang kurang bersih membuat para pengungsi terutama balita dan lansia mudah terserang berbagai macam penyakit.
Seminggu di Pengungsian 1.065 Pengungsi Mulai Terserang Penyakit

Kondisi pos pengungsian yang tak terbuka serta minimnya kesadaran para pengungsi dan pengunjung dalam menjaga kebersihan membuat para pengungsi rentan terkena berbagai macam penyakit.

Bahkan tak adanya jarak untuk pejalan kaki serta tak adanya tempat khusus untuk menyimpan alas kaki di pengungsian membuat para pengungsi harus tidur berteman dengan alas kaki ataupun di karpet yang kotor akibat terinjak – injak alas kaki.

Petugas Syahrul Amin mengimbau agar pengungsi dan pengunjung lebih menjaga kebersihan agar para pengungsi tidak mudah terserang penyakit.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)