Puncak Kepadatan Kendaraan di Lembang Diprediksi Mulai Hari Ini

Minggu, 30 Desember 2018 - 06:01 WIB
Puncak Kepadatan Kendaraan...
Puncak Kepadatan Kendaraan di Lembang Diprediksi Mulai Hari Ini
A A A
BANDUNG BARAT - Puncak kepadatan kendaraan di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) diprediksi mulai terjadi hari ini, Minggu (30/12/2018). Peningkatan kendaraan dipastikan akan terus bertambah dan bakal mencapai puncaknya pada malam pergantian tahun pada Senin (31/12/2018).

Kepala Seksi Bimbingan Keselamatan dari Dinas Perhubungan KBB, Asep Siswandar mengatakan kepadatan arus lalu lintas di kawasan Lembang telah terjadi sejak Jumat 28 Desember 2018. "Jumlah kendaraan yang melintas ada sebanyak 39.000 unit dan pada Kamis 27 Desember 2018 ada 33.000 unit kendaraan. Kendaraan paling banyak masih dari arah Bandung," ucapnya, Sabtu 29 Desember 2018.

Dia menyebutkan, mayoritas kendaraan masih didominasi oleh kendaraan dari luar Bandung, seperti Jakarta, Tasik, Jawa Timur, hingga Bali. Bukan hanya kendaraan roda empat yang banyak, Asep juga menyebut kendaraan roda dua pun ada hingga mencapai 5.000-6.000 unit kendaraan per hari.

Anggota kepolisian dari Polres Cimahi, Polsek Lembang, Polda Jabar, hingga Dinas Perhubungan Bandung Barat terus mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan panjang. Beberapa kali juga dilakukan contra flow oleh petugas kepolisian di pertigaan Betrix.

Wakapolres Cimahi, Kompol Irwansyah menyebutkan pihaknya telah melakukan sistem one way (satu arah) per hari ini sebanyak 8 kali hingga siang hari. Hal itu dilakukan karena kondisi dan situasi mulai padat.

Jumlah kendaraan yang masuk ke daerah Lembang, diakui seimbang antara yang dari Bandung dan dari Subang. Kondisi ini terjadi karena telah dibukanya Tol Cipali sehingga kendaraan dari arah Subang pun banyak.

"Hari ini kendaraan lebih padat. Kami juga menambah personel di lapangan untuk atur arus lalu lintas sebanyak 70 personel dengan dibantu oleh Polda bagian lantas dan pramuka," sebutnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2756 seconds (0.1#10.140)