7 Sekolah di Kobar Raih Penghargaan Anugerah Adiwiyata Nasional 2018

Kamis, 27 Desember 2018 - 10:19 WIB
7 Sekolah di Kobar Raih Penghargaan Anugerah Adiwiyata Nasional 2018
7 Sekolah di Kobar Raih Penghargaan Anugerah Adiwiyata Nasional 2018
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Sebanyak 8 sekolah di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendapat penghargaan anugerah Adiwiyata Nasional. Tujuh di antaranya sekolah di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Penghargaan itu diserahkan Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy kepada Kepala Dinas LH Kobar Bambang Djatmiko dan Kepala Dinas Dikbud Kobar M Rosihan Pribadi di Gedung Manggala Wanabakti Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Jumat lalu (21/12/2018).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kobar, Rosihan Pribadi mengatakan, prestasi itu membanggakan bagi kabupaten berjuluk Bumi Marunting Batu Aji ini.

5 Sekolah Tingkat Dasar (SD) dan 2 Sekolah Tingkat Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2018.

"Menteri LHK ingin pada 2019 kegiatan Adiwiyata ini menjadi gerakan nasional. Tujuannya, agar anak usia sekolah di Indonesia memiliki kebiasaan mencintai lingkungan hidup," kata Rosihan di ruang kerjanya, Kamis (27/12/2018).

Rosihan mengatakan, dengan adanya penghargaan itu bisa menginspirasi siswa dan sekolah untuk berprestasi secara akademis dan turut mendukung program Adiwiyata.

"Tujuan penghargaan Adiwiyata ini sangat mulia. Yakni menanamkan sejak usia dini, tentang kesadaran jiwa konservasi dan cinta lingkungan. Kedua hal tersebut merupakan salah satu isu global di dunia, yaitu pembangunan berwawasan lingkungan atau Go Green,” katanya.

Menurut Rosihan, hingga saat ini Kabupaten Kobar telah memperoleh 1 Adiwiyata Mandiri, 14 Sekolah Adiwiyata Nasional dan 21 Adiwiyata Provinsi. Adapun tujuh sekolah tersebut, rinciannya 5 sekolah dasar (SD) dan 2 SMP. Yakni SDS Astra Agro Lestari, SDS Bumitama 1, SDS Harapan Sejahtera, SDS Pesona Astra, SDS Surya Perdana, SMP Astra Agro Lestari dan SMP Indah Makmur.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6849 seconds (0.1#10.140)