Kota Medan Dapat Penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City

Sabtu, 15 Desember 2018 - 07:45 WIB
Kota Medan Dapat Penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City
Kota Medan Dapat Penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City
A A A
TANGERANG SELATAN - Kota Medan terpilih menjadi salah satu dari 50 kabupaten/kota se-Indonesia yang mendapatkan Penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2018 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Jumat (14/12/2018).

Penghargaan itu diserahkan Menteri Kominfo Rudiantara diwakili Dirjen Aptika Semuel Abrijani P kepada Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin S. Penghargaan ini diberikan setelah Pemko Medan berhasil menyelesaikan penyusunan masterplan pengembangan smart city yang berisikan berbagai program yang dilakukan Pemko Medan dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.

Sebelum menerima penghargaan itu, wali kota Medan bersama 49 kepala daerah kabupaten/kota telah mempresentasikan buku 1,2 dan 3 masterplan hasil bimbingan yang telah dilakukan selama ini dan quick win Smart City-nya masing-masing di hadapan tim penguji selama dua hari, Rabu (12/12/2018) dan Kamis (13/12/2018).

Pemberian penghargaan dilaksanakan pada acara Clossing Ceremony Gerakan Menuju Smart City 2018. Selain Menteri Kominfo, acara ini dihadiri Ketua APEKSI Airin Rahmidiani yang juga Wali Kota Tangerang Selatan, vice CEO Kompas Gramedia Ricard Bagun, Dirjen Aptika Semuel Abrijani P, perwakilan dari kemendagri, Kemenpan, KSP, Kemenkeu dan Bappenas.

Program Gerakan Menuju 100 Smart City 2018 digelar Kementerian Kominfo merupakan gerakan besar dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dalam sambutannya, Menteri Kominfo mengatakan, Smart City bukan hanya membeli teknologi maupun membeli komputer melainkan bagaimana upaya melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Kemenkominfo harus mendistrupsi (perubahan) diri, kalau tidak maka kita akan didistrupsi,” kata Rudiantara.

Wali kota Medan T Dzulmi Eldin S didampingi Kadis Kominfo Kota Medan Zain Noval mengaku gembira dengan terlilihnya Kota Medan bersama 49 kabupaten/kota di Indonesia mendapatkan Penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2018.

Menurut Eldin, Kota Medan telah menyelesaikan Masterplan Smart City Kota Medan yang akan menjadi landasan materi dan panduan pembangunan kota, termasuk membantu Pemko Medan dalam menetapkan kebijakan, regulasi dan prioritas pembangunan kota guna memberikan kemudayan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Alhamdulillah upaya yang kita lakukan ini ternyata mendapat apresiasi dari Kementrian Kominfo sehingga memberikan kita Penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2018. Tentunya ini semakin memotivasi kita untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat di Kota Medan,” kata Eldin.

Penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2018 merupakan penghargaan yang ketiga kalinya diterima wali kota di Desember 2018. Sebelumnya, Sabtu (1/12/2018), Wali Kota Medan mendapatkan penghargaan Dwija Praja Nugraha dari Presiden Jokowi di Bogor atas komitmen yang tinggi untuk memajukan pendidikan maupun meningkatkan kesejahteraan guru.

Selang 9 hari kemudian, Senin (10/12/2018), Pemkot Medan mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi dan pengelolaan pengaduan pelayanan publik.
(rhs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1487 seconds (11.97#12.26)