Jalan Solok-Padang Longsor 30 Meter, 1 Mobil Ikut Terseret

Rabu, 12 Desember 2018 - 12:38 WIB
Jalan Solok-Padang Longsor 30 Meter, 1 Mobil Ikut Terseret
Jalan Solok-Padang Longsor 30 Meter, 1 Mobil Ikut Terseret
A A A
PADANG - Curah hujan yang tinggi menyebabkan ruas jalan Padang-Solok di Panorama 2, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu dini hari tadi tertimbun longsor sekira pukul 02.30 WIB. Akibat jalan yang tertimbun material longsor ini, akses Padang-Solok dan sebaliknya sempat lumpuh, namun sampai pukul 10.00 WIB tadi sudah buka tutup setelah pemerintah setempat mengerahkan alat berat.

Data yang dihimpun dari Pusdalops PB Kota Padang menyatakan, material longsor yang menutup akses jalan Padang-Solok sepanjang lebih kirang 30 meter dengan ketinggian lebih kurang 2 meter. "Material longsor menutup badan jalan sepanjang 30 meter dengan ketinggian dua meter," kata Kepala Pelaksana BPBD Sumbar E Rahman, Rabu (12/12/2018).

Satu unit mobil Avanza dilaporkan ikut terseret longsor, namun penumpangnya dapat menyelamatkan diri dan tidak ada korban jiwa. Sementara Tim Reaksi Cepat (TRC) Provinsi, Kota Padang telah meninjau lokasi kejadian untuk melakukan pendataan dan pembersihan materil.

“Pusdalops Sumbar dan Kota Padang meminta bantuan alat berat ke PT Semen Padang dan PU Sumbar untuk bisa membantu pembersihan material longsor.” kata E Rahman.

Saat ini tim masih bekerja di lapangan dan berupaya agar secepatnya akses jalan lintas Sumatera itu kembali bisa dilalui. "Mungkin satu atau dua jam lagi bisa," katanya.
Jalan Solok-Padang Longsor 30 Meter, 1 Mobil Ikut Terseret

Menurutnya, jalan lintas Sumatera melewati Kota Solok itu juga menjadi akses utama bagi masyarakat dari Pekanbaru-menuju Padang, karena ruas jalan utama jalur itu juga terputus akibat jembatan ambruk dua hari lalu di Kabupaten Padang Pariaman yang menghubungi Padang-Bukittinggi. Sementara jalur alternatif lainnya Sicincin-Malalak-Bukittinggi juga jembatan penghubung mengalamai kerusakan.Saat ini Pusdalops PB Kota Padang Koordinasi dengan Pusdalops Provinsi Sumatera Barat untuk meminta Bantuan Alat Berat dan Tim Reaksi Cepat (TRC) Kota Padang telah meninjau lokasi kejadian untuk melakukan pendataan dan pembersihan materil longsor.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4907 seconds (0.1#10.140)