Warga Sorong Keluhkan Harga Tiket Pesawat Naik

Minggu, 09 Desember 2018 - 09:06 WIB
Warga Sorong Keluhkan...
Warga Sorong Keluhkan Harga Tiket Pesawat Naik
A A A
SORONG - Menjelang Natal dan Tahun Baru, harga tiket pesawat di Kota Sorong, Papua Barat meroket naik. Kenaikan tiket pesawat ini terjadi sejak akhir November hingga memasuki Desember 2018.

Tiket yang mengalami kenaikan di antaranya tujuan kota di seperti Pulau Sulawesi dan Pulau Jawa. Warga ketakutan harga tiket terus melonjak naik menjadi dua hingga tiga kali lipat dari harga normal.

Untuk harga tiket pesawat kelas ekonomi dari Sorong tujuan Jakarta misalnya mencapai Rp3 juta hingga Rp8 juta. Sedangkan untuk harga tiket bisnis dijual seharga Rp4 juta hingga Rp15 juta. Kenaikan harga tiket ini dikeluhkan warga masyarakat dalam dua pekan terakhir.

Salah seorang calon penumpang dari Sorong tujuan Jakarta Ismail yang ditemui di Bandara DEO Sorong, mengeluhkan tingginya harga tiket pesawat yang terus naik akhir-akhir ini.

“Maskapai jangan seenaknya dong naikin harga tiket. Kalau mau dinaikin tak masalah karena memang mau dekat momen hari raya, tapi yang wajar-wajar saja, saya ini mau antar orang tua yang sakit berobat, malah lihat harga tiket mulai naik begini saya sangat resah. Bagaimana nantinya saya kembali dari Jakarta, belum lagi ongkos berobat di Jakarta, ungkap Ismail di Bandara DEO Sorong, Minggu (9/11/2018).

Ismail yang ingin mencari tiket rute Sorong-Jakarta terpaksa datang lebih dulu ke Bandara DEO untuk memastikan rilis harga yang dilihatnya ketika hendak memesan secara online. Namun yang dijumpai ternyata benar kalau harga tiket sedang ‘menggila’.

Ismail menambahkan, dengan kondisi maskapai seenaknya menaikan harga tiket dari ambang bawah harga Tiket ditakutkan warga akan marah dan memblokir penerbangan.

"Kasih naik (naikan harga tiket) itu yang wajar, jangan sampai masyakarat marah dan blokir bandara, baru pemerintah kaget, tidak usah serakah lah maskapai dalam menaikan harga tiket seperti itu," tegas Ismail.

Ismail berharap ada perhatian khusus dari Presiden RI melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengawasi harga tiket pesawat di setiap maskapai. "Apalagi menjelang hari raya seperti saat ini, biasanya maskapai penerbangan memanfaatkan momen permintaan pasar yang tinggi dari masyarakat untuk meraup keuntungan besar,” katanya.

Tak hanya di Kota Sorong, harga tiket dari Jayapura dengan tujuan Makassar, dan Jakarta serta Pulau Jawa dan Sumatera pun mengalami kenaikan signifikan.

Dari pantauan wartawan, di Bandara DEO Sorong terlihat antrean penumpang. Rata-rata para penumpang hendak berlibur ke daerah asal mereka sebelum hari raya natal dan tahun untuk menghindari harga tiket yang terus naik tinggi.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9176 seconds (0.1#10.140)