Banggai Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Hari Nusantara 2018

Jum'at, 07 Desember 2018 - 20:22 WIB
Banggai Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Hari Nusantara 2018
Banggai Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Hari Nusantara 2018
A A A
JAKARTA - Kabupaten Banggai dipilih Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai tuan rumah penyelenggaraan Peringatan Hari Nusantara Nasional 2018. Hari Nusantara yang diperingati setiap 13 Desember merupakan perwujudan dari Deklarasi Djuanda.

Sebuah pernyataan yang mempersatukan seluruh wilayah Indonesia, baik daratan maupun lautan, sebagai satu kesatuan yang utuh dan berdaulat. ”Sekarang kami sedang melakukan persiapan,” kata Bupati Banggai, Herwin Yatim di kantor Kemendagri, Jumat (7/12/2018).

Rencananya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri Kabinet Kerja akan hadir dalam perayaan ini. Di Banggai, Presiden akan memberikan penghargaan Satya Lencana Wira Karya di bidang pemerintahan dalam pembangunan kelautan bidang kemaritiman tahun 2018 kepada lima kabupaten.

Pada hari yang sama, akan digelar parade Hari Nusantara, tari kolosal, atraksi free fall, dan sailing pass 500 perahu layar. Acara akan dilanjutkan dengan penyerahan 6.500 sertifikat tanah kepada warga Kabupaten Banggai. Presiden juga dijadwalkan meresmikan penjualan perdana ekspor produk amoniak oleh PT Panca Amara Utama serta meresmikan Bandar Udara Syukuran Aminudin Amir, Luwuk.

Herwin menambahkan, dalam kegiatan ini juga akan dibacakan Deklarasi Sulawesi Tengah Bangkit. Tujuannya memberikan semangat kepada masyarakat untuk segera bangkit pascagempa dan tsunami yang melanda beberapa daerah di Sulawesi Tengah.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5277 seconds (0.1#10.140)