Gempa 4,7 SR Guncang Sorong Papua Barat, Warga Berhamburan

Sabtu, 24 November 2018 - 14:39 WIB
Gempa 4,7 SR Guncang Sorong Papua Barat, Warga Berhamburan
Gempa 4,7 SR Guncang Sorong Papua Barat, Warga Berhamburan
A A A
SORONG - Gempa berkekuatan 4,7 Skala Richter mengguncang wilayah Kota Sorong, Papua Barat, Sabtu (24/11/2018).

Kepala Stasiun Geofisika Sorong, Andri W Bidang menjelaskan, Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 13:27:29 WIT dengan kekuatan M4.7 SR. Pusat gempabumi terletak pada koordinat 0.63 LS dan 131.70 BT, tepatnya pada 57 Km Timur Laut Kota Sorong pada kedalaman 10 Km.

"Akibatnya Penjalaran getaran gempa tsb sebagian warga merasakan di Kota Sorong dengan intensitas II - III MMI dan Kabupaten Sorong III MMI," ungkap Andri.

Dikatakan, hingga saat ini pihaknya belum mendapat laporan akan dampak dari gempa tersebut. Selain itu lokasi gempa berada pada wilayah sesar Sorong.

"Hingga sampai saat laporan ini dibuat belum ada laporan mengenai kerusakan akibat guncangan gempabumi tersebut, Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal yang disebabkan aktivitas sesar Sorong," jelas Andri.

Menurut Andri, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Sementara itu, akibat gempa Bumi 4,7 SR yang terjadi warga Kota Sorong sempat panik dan berhamburan keluar rumah. "Ia Pak tadi pas gempa kami sekeluarga lagi di dalam rumah, kami sekeluarga kaget sekali dan berlarian keluar rumah, utk mengamankan diri," ujar Toyib, salah seorang warga Sorong.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6937 seconds (0.1#10.140)