Disperindagkop Kobar Gelar Diklat Pemanfaatan Limbah Kayu

Senin, 12 November 2018 - 10:00 WIB
Disperindagkop Kobar...
Disperindagkop Kobar Gelar Diklat Pemanfaatan Limbah Kayu
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Perindagkop UKM) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) kerajinan pemanfaatan limbah kayu di Aula Kantor Desa Pandu Sanjaya.

Diklat ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UKM kerajinan limbah kayu di Desa Pandu Sanjaya, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kobar, Kalteng.

Kepala Bidang Perindustrian, Wahju Widiastuti mengatakan, kegiatan ini akan memberikan pengalaman baru bagi peserta. Dimana para perajin diberikan wawasan dan keterampilan dalam mengolah limbah kayu menjadi kerajinan yang memiliki desain menarik dan mempunyai build quality yang baik.

"Dengan desain menarik dan build quality yang bagus, nantinya produk kerajinan limbah kayu ini akan memiliki daya saing,” ujar Wahju.

Dia menyebut, industri kerajinan yang saat ini terus berkembang di Desa Pandu Senjaya di antaranya industri kerajinan dari kayu dan industri mebel. Untuk menghasilkan produk kerajinan dan mebel yang berkualitas, para perajin harus memiliki kompetensi dan keahlian yang mumpuni di bidangnya.

“Ke depan, desain dan motif dari produk kerajinan kayu dan mebel bisa lebih berkembang, dengan merangsang kreativitas dan inovasi produk dari pengrajin,” katanya.

Diklat yang berlangsung selama selama dua hari tersebut diikuti 20 pelaku IKM kerajinan limbah kayu dan mebel di Desa Pandu Sanjaya, dengan mendatangkan praktisi kerajinan dari Kemenperin Supardi dan peneliti dari Balai Kerajinan dan Batik Kemenperin Yogyakarta, Edi Eskak.

Pemberian materi diklat kepada peserta berlangsung di dua tempat berbeda, untuk teori dilaksanakan di Aula Kantor Desa Pandu Sanjaya. Sedangkan praktik pembuatan kerajinan limbah kayu dan mebel di workshop IKM kerajinan kayu ulin milik Subakir.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1376 seconds (0.1#10.140)