Mantan GAM Aceh Barat Serahkan Senjata ke TNI

Minggu, 11 November 2018 - 19:59 WIB
Mantan GAM Aceh Barat Serahkan Senjata ke TNI
Mantan GAM Aceh Barat Serahkan Senjata ke TNI
A A A
MEULABOH - Seorang mantan anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat, menyerahkan sepucuk senjata api (Senpi) laras pendek dan lima butir peluru kepada TNI, Minggu (11/11/2018).

Senjata bekas konflik yang dibawa menggunakan sebuah perahu tersebut, diterima langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0105/ Aceh Barat Letkol Kav Nurul Diyanto. Selanjutnya senjata dan lima butir peluru dibawa ke Posko Satgas TMMD ke 103 di Desa Antong. “Senjata ini sudah lama disimpan oleh warga itu, ditanam di dalam hutan Kecamatan Panton Reu," kata Nurul Diyanto.

Menurut Dandim, penyerahan senjata itu dilakukan secara suka rela setelah mereka merasa akrab bersama TNI saat melaksanakan program pembangunan daerah terpencil. Meski demikian, Nurul menolak membeberkan identitas pemilik senjata, lantaran dinilai mampu membahayakan keselamatannya. ”Yang paling utama masyarakat mulai percaya. Dan kami akan melakukan pembangunan bersama-sama,” jelasnya.

Selain Senpi, mantan kombatan GAM ini, juga turut menyerahkan dua lembar bendera bulan bintang yang selama ini ditempelkan di dinding rumahnya. Penyerahan ini dilakukan, setelah istrinya selalu mendesak untuk memberikan senpi bekas konflik tersebut kepada TNI. ”Pengakuannya, setelah penyerahan mereka lega, karena tidak ada beban lagi yang masih disimpan,” ungkap Dandim.

Sementara untuk kondisi senjata api sisa konflik ini masih berfungsi, meskipun terlihat berkarat setelah terlalu lama tertanam dalam tanah. "Senjata api sudah disimpan untuk diteliti mengingat senjata sudah berkarat karena lama ditanam dalam tanah," bebernya.

Dandim kepada masyarakat yang masih menyimpan senjata sisa konflik Aceh, dapat berkoordinasi dengan pihaknya, karena dikhawatirkan dapat dimanfaatkan bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab. "Kalau ada masyarakat yang masih menyimpan, mumpung kita masih ada di sini, mungkin dapat dikoordinasikan untuk penyerahan ke Posko TMMD ke-103 Aceh Barat,” tandasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4687 seconds (0.1#10.140)