Api di Hutan Taman Nasional Gunung Merbabu Akhirnya Padam

Kamis, 18 Oktober 2018 - 15:47 WIB
Api di Hutan Taman Nasional Gunung Merbabu Akhirnya Padam
Api di Hutan Taman Nasional Gunung Merbabu Akhirnya Padam
A A A
SEMARANG - Kebakaran hutan Taman Nasional Gunung Merbabu di wilayah Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah akhirnya padam. Meski demikian, personel Satgas Penanggulangan Bencana Kebakaran Gunung Merbabu tetap melakukan penyisiran lahan yang terbakar guna memastikan tidak ada lagi bara api yang masih menyala.

Komandan Koramil 03/Getasan Kapten Inf Hermanus menyatakan, berdasarkan pantauan Kamis (18/10/2018) siang, kepulan asap sudah tidak terlihat di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Merbabu. Namun personil Satgas Penanggulangan Bencana Kebakaran Gunung Merbabu terus melakukan pemeriksaan hutan yang terbakar.

"Asap sudah tidak ada lagi. Tapi tetap ada pemantauan ke atas (hutan) oleh anggota TNI, Polri, dan masyarakat untuk antisipasi dan memastikan tidak ada lagi bara api sisa kebakaran yang masih menyala," kata Kapten Inf Hermanus, Kamis (18/10/2018) siang.

Menurut dia, personil Satgas Penanggulangan Bencana Kebakaran Gunung Merbabu pada Jumat (19/10/2018) akan melakukan penyisiran hutan yang terbakar melalui jalur darat. "Besok kami naik lagi ke hutan untuk pemantauan dan memeriksa kondisi hutan yang terbakar," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Tekhelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan Supriyo Sutarsan mengatakan, kebakaran hutan Gunung Merbabu di wilayah Dusun Thekelan terpantau sudah padam. "Dari Thekelan terpantau sudah padam. Tapi petugas TNI, Polri, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu dan masyarakat tadi masih naik ke hutan untuk memeriksa kondisi lahan. Baru saja personel yang di lapangan turun dan tiba di Thekelan," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5370 seconds (0.1#10.140)