BPBD Semarang Dropping Air ke Daerah Terdampak Kebakaran

Rabu, 17 Oktober 2018 - 16:22 WIB
BPBD Semarang Dropping...
BPBD Semarang Dropping Air ke Daerah Terdampak Kebakaran
A A A
SEMARANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Jawa Tengah melakukan dropping air bersih sebanyak dua tangki, masing-masing berisi 5.000 liter ke daerah terdampak kebakaran hutan Taman Nasional Gunung Merbabu di wilayah Desa Batur, Kecamatan Getasan, Rabu (17/10/2018). Satu tangki dikirim ke Dusun Ngelo dan satu tangki untuk warga Dusun Thekelan.

Kepala BPBD Kabupaten Semarang Heru Subroto mengatakan, dropping air bersih dilakukan untuk membantu warga Dusun Nglelo dan Thekelan, Desa Batur yang kesulitan air bersih akibat distribusi air ke dua dusun tersebut terputus karena jaringan pipa yang berada di lereng Gunung Merbabu terbakar.

"Jaringan pipa air bersih yang mengalikan air ke Dusun Nglelo dan Thekelan terputus sehingga warga kesulitan air bersih. Kami langsung mengirimkan bantuan air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga," katanya, Rabu (17/10/2018).

Sebagaimanan diketahui, kebakaran lahan Taman Nasional Gunung Merbabu di wilayah Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah tidak hanya merusak ekosistem hutan di gunung berketinggian sekitar 3.142 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut. Kebakaran juga memutuskan jaringan pipa air bersih yang mengalir ke sejumlah dusun di Desa Batur.

Akibatnya, sebanyak ribuan jiwa dari 280 kepala keluarga (KK) yang tinggal di Dusun Nglelo dan Thekelan, Desa Batur kesulitan air bersih. Untuk mendapatkan air bersih, mereka harus ngangsu (mengambil air) ke dusun lain.

Kepala Desa Batur Radix Wahyu Dwi Yuni Ariadi menuturkan, jaringan pipa yang mengalirkan air bersih dari sumber air yang berada di lereng Gunung Merbabu ke Dusun Nglelo dan Thekelan terbakar sehingga aliran air bersih terputus. "Sejak tadi pagi, air sudah tidak mengalir dan warga ngangsu ke dusun lain," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0757 seconds (0.1#10.140)