Kebakaran Hebat, Pendakian ke Gunung Merbabu Dipastikan Tutup

Selasa, 16 Oktober 2018 - 00:54 WIB
Kebakaran Hebat, Pendakian ke Gunung Merbabu Dipastikan Tutup
Kebakaran Hebat, Pendakian ke Gunung Merbabu Dipastikan Tutup
A A A
SEMARANG - Jalur pendakian menuju puncak Gunung Merbabu ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan. Api yang berkobar hebat belum bisa dikendalikan karena titik sumber api tak bisa dijangkau armada pemadam kebakaran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Heru Subroto memastikan bahwa jalur pendakian Gunung Merbabu, khususnya dari arah Thekelan sudah ditutup. Belum bisa dipastikan rencana jalur pendakian dibuka kembali.

"Hingga saat ini untuk luasan yang terbakar belum diketahui. Pihak Taman Nasional Merbabu masih melakukan pendataan jadi belum diketahui pastinya," kata Heru, Senin (15/10/2018).

Kobaran api yang semakin membesar membuat petugas berencana minta bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pelibatan helikopter untuk melakukan water bombing dinilai menjadi solusi pemadaman api.

"Kalau water bombing rencananya bisa mengambil air dari embung di Dusun Pulihan, Kabupaten Semarang," terangnya.

Sedikitnya 80 personel gabungan TNI, Polri, relawan bersama sejumlah elemen masyarakat harus berjibaku memadamkan api. Proses pemadaman hanya bisa dilakukan secara manual dengan sabit, batang kayu, dan peralatan lainnya untuk mematikan sumber api agar tak merambat.

"Hingga saat ini personel Polsek dan Koramil Getasan masih standby di Basecamp Thekelan, bersama petugas dari Taman Nasional Gunung Merbabu dan para relawan," kata Kasubag Humas Polres Semarang, AKP Teguh Susilo Hadi.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8796 seconds (0.1#10.140)