Kirab Satu Negeri, Ikhtiar Merekatkan Kembali Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Minggu, 07 Oktober 2018 - 03:07 WIB
Kirab Satu Negeri, Ikhtiar Merekatkan Kembali Persatuan dan Kesatuan Bangsa
Kirab Satu Negeri, Ikhtiar Merekatkan Kembali Persatuan dan Kesatuan Bangsa
A A A
BANYUWANGI - Tim Kirab Satu Negeri Zona Rote tiba di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur. Rombongan dipimpin Zakaria R Puato, didampingi Ketua PW GP Ansor Bali Yunus Naim, dan tim asistensi Eko Sumedi.

Tim diterima Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Banser Alfa Isnaeni. Selanjutnya dilakukan penyerahan pataka Bendera Merah Putih dari Ketua PC GP Ansor Banyuwangi M Syukron kepada Ketua PW GP Ansor Jawa Timur Sholahul Aam Notobuwono.

"Alhamdulillah perjalanan dari Zona Rote hingga di Banyuwangi berjalan lancar. Sambutan masyarakat luar biasa," kata Zakaria, Koordinator Kirab Satu Negeri Zona Rote kepada Kasatkornas Banser.

Alfa Isnaeni mengatakan, meski kirab ini terkesan sederhana, namun memiliki arti yang sangat luas karena membawa panji-panji Merah Putih. Mereka menjelajahi wilayah Indonesia untuk mengajak masyarakat kukuh memegang persatuan dan kesatuan bangsa.

"NKRI ini didirikan oleh semua komponen yang berbeda-beda, baik agama, suku, etnis, hingga budaya. Kita kuat karena keberagaman ini. Untuk itu harus kita jaga kebhinnekaan ini," tegas Alfa Isneini, Sabtu (6/10/2018).

Menurut Alfa, kegiatan Kirab Satu Negeri ini sebagai ikhtiar kecil GP Ansor untuk merekatkan kembali persatuan dan kesatuan bangsa yang terlihat mulai retak. Kirab Satu Negeri ini bertujuan mengokohkan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI sebagai pengikat kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Selain itu, kita ingin agama menjadi rahmah, sumber kasih sayang dan perdamaian, sebagaimana telah dipraktikkan berabad-abad oleh nenek moyang kita. Kita ingin Indonesia yang majemuk namun hidup rukun dan damai ini menjadi inspirasi dan teladan bagi dunia,” ujar Alfa.

Setelah tadi malam disambut Ketua Bappeda Banyuwangi Yayan Wapotondo di pendopo kabupaten, tim Kirab Satu Negeri Tim 17 berziarah ke makam pendiri Ansor. Kemudian silaturahmi ke Pesantren Mabadiul Ihsan di Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, dan meneruskan perjalanan menuju Kabupaten Situbondo dan Probolinggo.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3029 seconds (0.1#10.140)