Gunung Soputan Meletus, Warga Diminta Waspadai Informasi Hoax

Rabu, 03 Oktober 2018 - 16:00 WIB
Gunung Soputan Meletus, Warga Diminta Waspadai Informasi Hoax
Gunung Soputan Meletus, Warga Diminta Waspadai Informasi Hoax
A A A
MINAHASA TENGGARA - Peredaran video dan foto hoax terkait meletusnya Gunung Soputan di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara makin masif. Ada pihak-pihak yang menyebarkan foto, video maupun informasi hoax terkait kejadian ini dan makin meluas sehingga meresahkan masyarakat.
Sedikitnya ada 3 foto dan 2 video hoax yang beredar di media sosial, beberapa saat usai kejadian. Foto dan video yang beredar sontak membuat masyarakat resah, terlebih bagi yang tinggal di sekitar lokasi. Foto dan video tersebut menggambarkan situasi yang mencekam, seperti adanya lava, lahar dan letusan yang dahsyat serta adanya sejumlah orang yang dievakuasi. Hal ini bertolak belakang dengan keadaan yang sebenarnya.Terkait foto dan video mencekam yang beredar, Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito melalui Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo menegaskan bawah video dan foto itu hoax. "Gunung Soputan bukan meletus tapi erupsi," ujarnya, Rabu(3/10/2018). Menurut Kabid Humas, letusan parah dalam foto dan video tersebut terjadi di luar negeri. "Itu foto dan video gunung meletus di Guatemala," katanya.
Untuk itu, Kabid Humas mengimbau warga di sekitar Gunung Soputan agar tidak panik, tapi tetap meningkatkan kewaspadaan. "Dan kepada warga lainnya diminta tidak turut menyebarkan informasi hoax," katanya. (Baca Juga: Erupsi, Gunung Soputan Keluarkan Asap TebalInformasi dari Kementerian ESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Soputan, yang diterima Rabu (3/10/2018) pagi, lebih lanjut menerangkan bahwa status Gunung Soputan berada pada Status Level III (Siaga). Sebelumnya Kepala Pos Pemantau Gunung Api Soputan, Asep Saifuloh mengungkapkan, saat ini cuaca cerah, berawan, dan mendung. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat daya dan barat laut. Suhu udara 20-37 °C.
"Gunung jelas hingga kabut 0-II. Asap kawah bertekanan sedang hingga kuat teramati berwarna coklat dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 2.000-5.000 meter di atas puncak kawah," katanya. (Baca Juga: Gunung Soputan Meletus Empat Kali, Aktivitas Warga Minahasa Tenggara Normal(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8783 seconds (0.1#10.140)