Polda Banten Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu

Rabu, 26 September 2018 - 14:50 WIB
Polda Banten Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu
Polda Banten Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu
A A A
SERANG - Memasuki tahapan pemilu 2019, Jajaran Polda Banten mempersiapkan keamaman dengan menggelar simulasi pengamanan pesta demokrasi di tanah jawara.

Simulasi pengamanan dilakukan dari tahapan kampanye, dilanjutkan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), hingga terjadinya kerusuhan di depan gedung KPU akibat adanya salah satu pendukung paslon yang tidak puas dengan hasil Pemilu 2019.

Bahkan, proses penyelamatan Ketua KPU yang disandera oleh kelompok orang diperagakan di hadapan Wakapolda Banten Kombes Pol Tomex Kurniawan dan jajaran Polda Banten.

"Tingkatkan kewaspadaan menghadapi Pemilu 2019. Kita pengawal demokrasi, jaga netralitas dan integritas," ujar Wakapolda di hadapan seluruh personel di Alun-alun Kota Serang, Rabu (26/9/2019).

Menurut Tomex, tantangan ke depan sangatlah besar. Salah satunya adanya masalah seperti ujaran kebencian dan money politics yang akan menimbulkan konflik sosial sehingga polarisasi masyarakat akan berlanjut.

Lebih lanjut, simulasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada petugas gabungan dalam pengamanan dari hal-hal yang tidak diinginkan pada tahapan Pemilu mulai dari tahapan kampanye dan pencoblosan.

Sebelumnya, Kapolda Banten Brigjen Pol Teddy Minahasa mencatat sebanyak 3.958 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Banten masuk dalam katagori rawan satu dan rawan dua ada 1.022 TPA di Banten.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8513 seconds (0.1#10.140)