Puluhan Hektare Lahan di Lereng Gunung Kelir Ludes Terbakar

Kamis, 06 September 2018 - 19:36 WIB
Puluhan Hektare Lahan di Lereng Gunung Kelir Ludes Terbakar
Puluhan Hektare Lahan di Lereng Gunung Kelir Ludes Terbakar
A A A
SEMARANG - Puluhan hektare lahan di kawasan Gunung Kelir, Desa Wirogomo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah terbakar, Kamis (6/9/2018). Kebakaran lahan tersebut diduga disebabkan oleh percikan api yang berasal dari gesekan batu yang jatuh.

Sekretaris Desa (Sekdes) Wirogomo, Slamet Sunar menuturkan, kebakaran lahan diketahui sekitar pukul 15.00 WIB. Dalam sekejap api membesar dan menjalar. Api cepat membesar karena hampir semua tumbuhan mengering.

"Penyebab kebakaran karena faktor alam. Daun yang kering terkena percikan api yang ditimbulkan dari gesekan batu yang jatuh. Sampai malam ini, api belum padam total dan luas lahan yang terbakar sekitar 80 hektare," katanya kepada SINDOnews, Kamis (6/9/2018).

Menurut dia, setiap musim kemarau panjang, lahan Gunung Kelir terbakar. Panasnya terik matahari dan banyaknya tumbuhan yang kering menjadika lahan rawan terbakar.
"Kencangnya tiupan angin bisa memicu gesekan bebatuan dan menimbulkan percikan api. Selain itu, panasnya terik matahari membuat daun dan ranting mudah terbakar meski hanya terkena percikan api," ujarnya.

Dia mengatakan, hingga saat ini warga belum melakukan pemadaman karena lokasi kebakaran jauh dari permukiman penduduk. Hanya, tetap melakukan pemantauan dan antisipasi agar tidak menjalar ke areal pertanian. "Jarak lokasi kebakaran dengan rumah penduduk sekitar 2 kilometer. Jadi rumah peenduduk aman," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9231 seconds (0.1#10.140)
pixels