Harimau Mangsa Sapi, Warga Langkat Cemas

Sabtu, 25 Agustus 2018 - 21:54 WIB
Harimau Mangsa Sapi, Warga Langkat Cemas
Harimau Mangsa Sapi, Warga Langkat Cemas
A A A
LANGKAT - Seekor harimau memangsa hewan ternak sapi milik Jumiran (54) warga di Dusun VIII Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut). Kejadian ini diketahui Kamis 23 Agustus 2018 sehingga membuat warga menjadi cemas dan was-was mengantisipasi kejadian itu terulang kembali.

Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut), Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL), YHWA, WCS, anggota Polsek Bahorok, pihak Kecamatan Bahorok dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Bahorok Pontius Gad Munthe langsung meninjau lokasi kejadian.

Dari lokasi, mereka menemukan seekor sapi telah mati dengan kondisi yang mengenaskan. Ada gigitan dan cakaran di bagian tengkuk atau leher bagian atas kemudian bagian ekor sapi koyak dan daging hilang sekitar 10 kg.

Kejadian ini membuat pihak BBKSDA dan tim memasang kamera Trap untuk memantau pergerakan satwa liar tersebut, serta mendirikan pos pengawasan sekitar 1 kilometer dari TKP untuk waktu satu minggu ke depan.

Kepala BBKSDA Sumut, Hotmauli Sianturi melalui Kasi KSDA Wilayah II Stabat, Herbert BP Aritonang meminta kepada masyarakat agar tetap mempercayakan penanganan konflik satwa liar ini kepada instansi berwenang.

"Tim gabungan sudah berada di lokasi yang terdiri dari BBKSDA, BBTNGL, WCS dan beberapa mitra pemerhati dan ahli satwa liar jenis harimau," terangnya, Sabtu (25/8/2018).

Dikatakan Herbert, tim akan melakukan upaya maksimal agar satwa liar tidak memasuki areal pemukiman dengan berbagai peralatan dan teknik yang dimiliki. "Masyarakat jangan melakukan tindakan sendiri yang justru bisa membahayakan diri sendiri," ujarnya.

Kemudian diimbau kepada masyarakat sekitar lokasi kejadian, khususnya Desa Timbang Lawan dan Dusun Selayang Desa Lau Damak untuk waspada dan tidak ke Hutan. "Jika terpaksa harus ke hutan mohon untuk membawa teman. Begitu juga dengan anak-anak untuk bermain di sekitar pemukiman saja," imbaunya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1052 seconds (0.1#10.140)