Hilang Kontak di Perairan Pulau Sarang Alu, 9 Wisman Australia Ditemukan Selamat

Kamis, 23 Agustus 2018 - 20:23 WIB
Hilang Kontak di Perairan Pulau Sarang Alu, 9 Wisman Australia Ditemukan Selamat
Hilang Kontak di Perairan Pulau Sarang Alu, 9 Wisman Australia Ditemukan Selamat
A A A
NIAS - Kapal Motor (KM) Jaya GT 06 yang membawa 9 wisatawan mancanegara (wisman) asal Australia dilaporkan hilang di Perairan antara Pulau Nias Utara dan Pulau Banyak, Aceh Singkil, Rabu (22/8/2018).

Namun, akhirnya ditemukan selamat setelah disusul pihak keluarga ke Perairan Pulau Sarang Alu Kabupaten Aceh Singkil pada Kamis (23/8/2018) sekira pukul 01.50 WIB. Adapun wisman asal Australia yang sempat hilang itu yakni Mal Harvey, Callum Murray, James Munro, Mark Morstead, Tim Skate, Simon Mamnix, Nicholas Skate, Dr Peter Braun, dan Hugh Gilchrist.

Kapolres Nias, AKBP Deni Kurniawan mengatakan, wisman yang sempat hilang kontak di Perairan Pulau Nias Utara dengan Pulau Banyak, Aceh Singkil telah ditemukan dalam keadaan selamat. "Kondisinya semua selamat. Memang sempat hilang kontak kapalnya yang ditumpangi wisman asal Australia," terangnya saat dikorfirmasi SINDOnews, Kamis (23/8/2018).

AKBP Deni menyebutkan, awalnya KM Jaya berangkat sejak Selasa (21/8/2018) dari Pelabuhan Lahewa Kabupaten Nias Utara ke Pulau Ujung Lolok Kabupaten Aceh Singkil. Saat berada di Perairan Pulau Sarang Alu pada Rabu (22/8/2018) sekitar pukul 14.40 WIB, tiba-tiba mesin kapal mengalami kerusakan. Nahkoda kapal, Okta Derita memerintahkan anak buah kapal (ABK) Dulu Zai dan Leli Zebua untuk melaksanakan lego jangkar.

Pukul 17.00 WIB, pihak keluarga melakukan pencarian dan ditemukan KM Jaya di Pulau Sarang Alu Kabupaten Aceh Singkil. "Nahkoda dan penumpang ditemukan dalam keadaan selamat. Lalu penumpang dipindahkan ke kapal keluarga dan diantar ke Pulau Ujung Lolok Kabupaten Aceh Singkil," jelas mantan Waka Polres Pematangsiantar.

Setelah tiba di Pulau Ujung Lolok, kata Deni, mereka diinapkan di Resort Riska dalam keadaan selamat. "Pukul 21.00 WIB, nahkoda kapal dan keluarga melanjutkan perjalanan pulang menuju Desa Ujung Sialit Kabupaten Aceh Singkil dalam keadaan selamat," pungkasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5438 seconds (0.1#10.140)